Total Tayangan Laman

Minggu, 09 Februari 2014

SEJARAH KERETA API AMERIKA (YUWES -2)

SLUMBERCOACH dan BALTIMORE & OHIO RAILROAD

Teman-teman kamoder Indonesia, artikel ini merupakan seri (lanjutan) dari artikel saya tentang kereta api di Amerika http://aabandema.blogspot.com/2014/01/sejarah-kereta-api-amerika-yuwes.html

tentunya teman-teman kamoder tidak asing dengan kereta penumpang amerika dengan model seperti ini
kereta penumpang 'Slumbercoach'
 kereta penumpang yang sangat populer di Amerika pada tahun 1950-an itu memiliki sebutan : 'SLUMBERCOACH'




Kereta penumpang 'Slumbercoach', hanya ada dalam terminologi perkeretaapian di Yuwes, (seperti terminologi lokomotif 'CARBODY unit'; locomotif 'CAB FORWARD'   dan gerbong 'GONDOLA') - http://ogrforum.ogaugerr.com/fileSendAction/fcType/0/fcOid/7906207209702953/filePointer/7906207209702965/fodoid/7906207209702960/imageType/LARGE/inlineImage/true/4785274409_3a2b5d6ef8.jpg 
benua Amerika memiliki geografis yang sangat luas dan berat, karena bergurun dan bergunung-gunung.  Jarak dari kota ke kota lain dengan perjalanan darat (baik kereta api maupun kendaraan lainnya) memerlukan waktu hingga lebih dari dua hari, bahkan tiga hari (baca juga perjalanan kereta api pertama Union Pacific 'Overland Limited' di bawah).  Oleh karenanya kebutuhan akan akomodasi di dalam kereta api menjadi sangat tinggi.  Kereta 'Slumbercoach' sangat populer pada dekade 1950-an untuk menangkap segment market penumpang kereta api non eksekutip di sana pada masa itu.  Penumpang kereta api yang dimaksudkan adalah para penumpang yang tertinggal pesawat atau bis dan tidak memiliki kendaraan pribadi.  Kereta tidur Slumbercoach memiliki 40bed, terdiri dari 24single room dan delapan doubleroom. 



miniatur kereta 'slumbercoach' skala N produksi 'Con-cor' dengan livery milik BALTIMORE & OHIO railroad

miniatur 'slumbercoach' Union Pacific skala HO produksi 'Walthers'

gambar potongan melintang interior kereta tidur 'Slumbercoach' sehingga nampak luar kaca berselang-seling http://i1346.photobucket.com/albums/p698/VPayne1/USPat25561401945_zpsb4c24512.png


perspektif interior, kereta tidur 'Slumbercoach' http://i1346.photobucket.com/albums/p698/VPayne1/USPat26007061944_zps4e160e0b.png

miniatur kit kereta 'slumbercoach' - http://thumbs.ebaystatic.com/d/w225/m/miUEv6TDTuu10NNfx6qi5dA.jpg


Kereta 'slumbercoach' dibuat pertama kali adalah pada tahun 1956 atas pesanan Chicago, Burlington and Quincy Railroad (CBQ).   Kereta penumpang Sumbercoach  dibuat oleh Budd Company,  menyusul pesanan berikutnya atas permintaan Baltimore and Ohio Railroad,  kemudian Missouri Pacific Railroad untuk Texas Eagle/National Limited.  Pada tahun 1958 perusahaan Northern Pacific Railway juga memesan kereta-kereta slumbercoach untuk North Coast Limited , lalu menyusul kemudian perusahaan New York Central Railroad yang dipakai untuk armada 20th Century Limited

     
Baltimore and Ohio Railroad merupakan perusahaan jasa layanan kereta api swasta yang TERTUA di negara Amerika.  Sejarah maskapai ini berhubungan langsung dengan sejarah heboh di Amerika yang kita kenal dengan 'American civil war'.  Sejarah panjang perjalanan kereta api yang akan saya ulas di bawah ini.


BALTIMORE & OHIO RAILROAD

  Pada sekitar tahun 1956, The Baltimore & Ohio Railroad memesan kereta tidur 'Slumbercoach' pada perusahaan  Budd Company.    The Baltimore & Ohio Railroad (B & O) bukanlah kereta api pertama di Amerika Serikat, namun Baltimore & Ohio Railroad merupakan operator kereta api reguler yang pertama untuk barang dan layanan penumpang kepada publik di Amrik.  Di awal di awal 1800-an,  Boston , New York City , Philadelphia , Baltimore , dan Charleston, South Carolina adalah kota-kota Pelabuhan yang penting di AS. 

kereta tidur 'Slumbercoach' Baltimore & Ohio Railroad http://www.brasstrains.com/classic/Product/Detail/035329/HO-SSL-Shoreham-Shops-B-O-Baltimore-Ohio-Slumbercoach-Restland

  Dengan letaknya yang strategis di muara Susquehanna River, Baltimore meraup keuntungan besar dibanding daerah pedalaman lainnya, karena menjangkau beberapa titik sentra perdagangan di Chesapeake Bay.   Pada tahun 1825, dengan pembukaan Kanal Erie - New York memperoleh imbas positip,  yang memungkinkan navigasi sampai memasuki Danau Erie, dan pada tahun 1826, persemakmuran Pennsylvania menyewa sebuah sistem kanal untuk menghubungkan Philadelphia dengan Pittsburgh .   Dalam menghadapi persaingan kereta api dari kota-kota itu,  pada tanggal 28 Februari 1827 Baltimore mencarter B & O Railroad untuk membangun jaringan rel kereta api dari Baltimore ke titik yang strategis di Sungai Ohio

miniatur lokomotif uap Baltimore & Ohio skala HO
 Ini hampir bersamaan dengan pembukaan layanan publik kereta api ber-lokomotif uap pertama dalam sejarah, The Liverpool and Manchester Railway.




Perjalanan the Liverpool and Manchester Railway tahun 1830

The Liverpool and Manchester Railway (L & MR) adalah layanan kereta api untuk publik tertua di dunia, di mana kereta api angkutan penumpang dan barang ditarik lokomotif uap secara reguler diberangkatkan dari kota  Liverpool menuju Manchester di North West England Inggris (United Kingdom).   http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/f6/Opening_Liverpool_and_Manchester_Railway.jpg

 Perletakan batu pertama untuk menandai dimulainya pembukaan jalur tersebut (B&O Railroad) dilakukan pada hari kemerdekaan Amerika, 4 Juli 1828 dengan perayaan besar.   Peletakan dilakukan oleh seorang veteran deklarator (salah seorang penandatangan deklarasi) kemerdekaan Amerika yang saat itu berusia 90-tahun : Charles Carroll dari Carrollton. Maryland.   Pekerjaan dimulai mengikuti rute yang ditarik menyusuri sungai Patapsco (63km dari Maryland, bermuara di Chesepeake bay) dan sungai Monocacy sampai ketemu sungai Potomac.   Jalur ini diresmikan penggunaannya pada tanggal 24 Mei 1830 untuk layanan umum reguler ke Ellicott Mills (kini berganti nama Ellicott City ).   Pada tanggal 1 Desember 1831, jalan ke Frederick 60 mil (97 km) sudah dibuka.
Pada bulan Agustus 1835 B & O membuat percabangan dari Relay, Maryland (kemudian disebut Washington Junction) ke Washington, menyeberangi Sungai Patapsco melalui, Thomas Viaduct (bangunan hikmad bertanda tangan presiden pertama B&O - Philip E Thomas).  
Thomas Viaduct menyeberangi sungai Patapsco

  Dua tahun berikutnya viaduct Thomas selesai http://en.wikipedia.org/wiki/File:Thomas-viaduct-1.jpg   melintasi Potomac ke Harpers Ferry, Virginia Barat (Virginia barat memisahkan diri dari Virginia sejak pecahnya American Civil War - yakni 1863)  
 Pada petak Harpers Ferry, jaringan rel B & O terhubung dengan jaringan rel kereta api Winchester & Potomac Railroad , sehingga membentuk persimpangan pertama dari dua perusahaan kereta api di Amerika Serikat  kemudian jalur terus ke barat melalui Cumberland, Maryland ke Grafton, Virginia Barat , di mana ternyata barat laut untuk mencapai Wheeling, Virginia Barat , 379 mil (610 km) dari Baltimore, pada tanggal 1 Januari 1853, hampir 25 tahun sejak dimulainya konstruksi.   Pada tahun 1856 dibuat jalur lain kearah barat dari Grafton untuk mencapai Parkersburg, West Virginia di tepi Sungai Ohio. http://en.wikipedia.org/wiki/File:2010-09-02-Harpers-Ferry-From-Maryland-Heights-Panorama-Crop.jpg




Panorama Harpers Ferry dari Maryland Heights


Maskapai B & O dianggap bertanggung jawab atas kerusakan selama pecahnya American Civil War.  Pasukan Uni kompeten dan para pemimpin sering gagal untuk mengamankan wilayah yang strategis tersebut.
Winchester dan Potomac Railroad (W & P) adalah maskapai kereta api di Amerika Serikat bagian selatan , memiliki jaringan rel dengan relasi dari Winchester, Virginia ke Harpers Ferry, Virginia Barat melalui Sungai Potomac, bersimpangan dengan jalur kereta api Baltimore dan Ohio Railroad (B & O).   Ini memainkan peran kunci dalam serangan awal maskapai kereta B & O selama bulan-bulan awal dari Perang Saudara Amerika .
Pada tahun 1902 W & P Railroad diakuisisi oleh B & O, dan kemudian menjadi bagian dari CSX Transportation
Sebagian besar jalur kereta api yang dibangun di Virginia sebelum  American Civil War menghubungkan sentra-sentra pertanian dan kota-kota industri ke pelabuhan seperti Alexandria dan Norfolk.   Kota-kota di lereng sisi barat Blue Ridge Mountains membutuhkan transportasi kereta api untuk menghubungkan dengan kota-kota pelabuhan tetapi terhambat oleh kemampuan untuk melintasi pegunungan karena  Allegheny Front escarpment (patahan terjal/ jurang).   Pada awal-awal berdirinya B & O Railroad (estab. 1827) baru ada rencana untuk menyeberangi escarpment tersebut melalui ujung utara yang lebih landai : di Shenandoah Valley.   Dari tahun 1831 hingga 1832, dilakukan survei oleh Army Corps of Topographical Engineers untuk mendapatkan rute B & O Railroad tersebut di atas.
Pada tanggal 14 Maret 1836 jalur lintasan tersebut telah resmi dibuka, sementara dua tahun sebelumya, 1834 jaringan rel maskapai B & O telah mencapai Harpers Ferry.  Sambungan rel akhir B & O diselesaikan pada Januari 1837 ditandai dengan terhubungnya jalur kereta api milik Winchester & Potomac Railroad  dan B & O di  ujung Bollman truss bridge yang melintasi Sungai Potomac, mengikat lintasan yang sejajar dalam sebuah persimpangan di sisi sungai Virginia.  Inilah merupakan pertama kalinya persimpangan dua rel kereta api di Amerika Serikat.  (sumber : Wikipedia) http://en.wikipedia.org/wiki/File:Harpers-Ferry-Bollman-Bridge.jpg 
Winchester & Potomac Railroad
Winchester & Potomac Railroad memiliki rel dengan standard gauge , memiliki berat 16,5 pound per yard (8,2 kg / m) terdiri atas batang rel mendatar di atas bantalan kayu white oak dan locust.  Jalur utama sejauh 32 mil (51 km) dan yang lain 2,5 mil (4 km) dari sidings dan turnouts . Kereta api dihentikan muara dan pasar-pasar di Winchester.   Depo Winchester segera menjadi pusat ekonomi utama yang melayani pedagang pedagang gandum, kulit, bulu, tembakau dan rami(hemp) di Winchester.  Ujung utara jalur rel juga melayani kota industri berkembang dari  Virginius Island, yang terhubungkan oleh Shenandoah Canal dengan sisi selatan dari Harpers Ferry.
Koneksi Winchester & Potomac Railroad ke jalur  B & O Railroad telah membuat banyak kekhawatiran politik, karena ini berpotensi memungkinkan semua pertanian dan industri produk di Great Appalachian Valley wilayah Virginia diangkut ke kapal keluar dari pelabuhan di Baltimore, Maryland , dan Philadelphia, Pennsylvania daripada melalui pelabuhan-pelabuhan Virginian.  Oleh karena itu jaringan kereta api Winchester & Potomac Railroad tidak diperbolehkan untuk melanjutkan jalurnya lebih jauh ke selatan.  Bagian-bagian selatan Lembah Shenandoah kemudian dilayani oleh kereta api lain seperti Manassas Gap Railroad yang menghubungkan Mount Jackson, Virginia ke Manassas Junction di Orange and Alexandria Railroad dan Virginia Central Railroad yang menghubungkan Staunton, Virginia ke Richmond .  (peta-peta berhubungan dengan Stanton, Shenandoah dan atlantik utara di CAB FORWARD)

JOHN BROWN’s RAID
Winchester dan Potomac Railroad  mendapat ancaman saat terjadinya insiden John Brown's raid on Harpers Ferry,  jalan untuk operasi penyelamatan dari John Brown dan tahanan lainnya serta jalan untuk invasi ke Virginia di bawah ancaman. Gubernur Virginia mengirim pemberitahuan ini ke John W. Garrett , Presiden Baltimore & Ohio, tentang penumpasan Virginia Milisi pengambilalihan dari jalur W & P dan B & O sehubungan dengan serangan pada tahun 1859.   Jalur melintasi Virginia dari Winchester maupun Harpers Ferry – Virginia Barat diblokir, dan perusahaan Baltimore & Ohio (B&O) diberi wewenang untuk mengambil alih jalur W&P oleh Jenderal Taliaferro pada awal bulan Desember 1859.

Lokomotif uap Baltimore & Ohio skala HO



Peta Google Staunton West Virginia (A), Shenandoah canal (B) dan pantai Virginia


Peta Google Staunton West Virginia (A) dan Shenandoah canal (B)
SEPINTAS UNION PACIFIC dan THE LIVERPOOL and MANCHESTER RAILWAY


Perjalanan melalui kereta api penumpang dimulai pada tahun 1830-an di pesisir timur Amerika, mencapai garis Midwest pada 1860-an.  Bulan Juli 1866 Union Pacific membuka layanan kereta penumpang yang pertama kali.
Kereta penumpang pertama berkecepatan tidak lebih dari 20 mil per jam dan para penumpang makan harus dengan cepat di restorasi yang di sediakan di stasiun persinggahan.   Tempat duduk standar masih bangku kayu, kereta dilengkapi tungku kayu untuk pemanas.   Belum ada AC sampai tahun 1930-an.
Kereta tidur George Pullman yang terkenal saat itu merupakan "hotel" berjalan di atas rel, sudah digunakan sebelum ‘LAST SPIKE’ di Promontory Summit.  Kereta makan baru ada setelah itu. Layanan kereta api reguler dari Omaha ke San Francisco diluncurkan hanya lima hari setelah ‘LAST SPIKE’  yakni pada tanggal 10 Mei 1869.
kereta 'slumbercoach Pullman' http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/2/27/Northern_Pacific_325_at_the_Illinois_Railway_Museum.jpg
 Salah satu layanan kereta penumpang andalan Union Pacific adalah Overland Limited.  Kereta mewah ini, pertama kali menjalani dinasnya pada tahun 1890, dengan relasi antara Omaha (Nebraska) dan San Francisco (California) hanya dalam 71 jam.  Jarak dari Omaha (Nebraska) ke San Fransisco (California) adalah : 2677km ditempuh oleh armada Union Pacific kereta ‘Overland Limited’ dalam 71jam (th1890) -  bandingkan dengan jarak Surabaya – Jakarta   yang 784km (kurang dari sepertiga) atau jarak dari Omaha ke San Fransisco sama dengan dari Jakarta ke Surabaya lalu kembali ke Jakarta lalu ke Surabaya lagi.
Pada periode tersebut, di Indonesia pembuatan jalur kereta api dari Bandung ke Cibatu, yang dapat diselesaikan pada tahun 1889. Dari Cibatu, kemudian diteruskan ke Tasikmalaya, yang dibuka untuk umum pada tanggal 16 September 1893. Jalur ini kemudian diteruskan pembangunannya sampai ke Banjar dan Maos, yang selesai pada tanggal 1 November 1894. Tanggal 1 November 1894 juga menandakan bahwa transportasi kereta api yang menghubungkan kota Bandung dengan kota Yogyakarta mulai dapat digunakan karena jalur kereta api rute Cilacap - Maos - Yogyakarta telah selesai dibangun pada tahun 1887. Panjang jalur Bandung - Banjar adalah 157 km dan panjang jalur Banjar - Maos adalah 79 km.
Pada 1930 mulai diperkenalkan kereta penumpang Streamliner dengan standar baru untuk perjalanan kereta eksekutif.    Perjalanan dengan Streamliner yang pertama tahun 1934 adalah Union Pacific City of Salina.
Biaya perjalanan yang tinggi untuk layanan reguler antar kota: Chicago dan Los Angeles, San Francisco, dan daerah Portland sampai 1947 membuat Union Pacific mengurangi armada dan layanannya.   Pada waktu itu setiap perjalanan kereta melibatkan awak kereta: seorang engineer, juru rem, konduktor,  pemadam kebakaran, baggageman, petugas kereta, koki, pelayan, ruang petugas kereta dan ruang tidur awak kereta.  Layanan reguler untuk penumpang kereta api Union Pacific berakhir pada tanggal 1 Mei 1971.

peta Google route Union Pacific 'OVERLAND LIMITED' antara (A) Omaha - (B) San Fransisco
Lokomotif 4 silinder compound seri 1000 - C53 di stasiun Tasikmalaya sekitar 1930-an



 THE LIVERPOOL and MANCHESTER RAILWAY

The Liverpool and Manchester Railway (L & MR) adalah layanan kereta api untuk publik tertua di dunia, di mana kereta api angkutan penumpang dan barang ditarik lokomotif uap secara reguler diberangkatkan dari kota  Liverpool menuju Manchester di North West England Inggris (United Kingdom).   Itulah pertama kalinya kereta api ber-karcis untuk para penumpangnya diperkenalkan, meskipun saat itu masih menggunakan lokomotif uap dan kereta milik pribadi (swasta),  jalur yang dibuka pada tanggal 15 September 1830 itu merupakan jalur ganda  (twin-track) antar kota yang pertama kali dalam catatan sejarah.

Dirangkai dengan sebuah lokomotif,  kereta api barang menuruni lintasan yang curam sejauh 1,26 mil dari persimpangan lereng bukit Wapping Tunnel ke Docks Liverpool.   Jaringan kerta api Kereta api The Liverpool and Manchester Railway ini terutama dibangun untuk menyediakan transportasi yang lebih cepat untuk bahan baku maupun barang jadi dan penumpang antara Pelabuhan Liverpool (the Port of Liverpool) menuju dan pabrik di Manchester dan kota-kota sekitarnya.




- TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA -

1 komentar: