Total Tayangan Halaman

Senin, 20 Januari 2014

SEJARAH KERETA API AMERIKA (YUWES)

the LAST SPIKE dan OVERLAND ROUTE

Logo Union Pacific (Yupi) dengan Overland Route


 Sungguh keren bendera (logo) Union Pacific (Yupi) dengan tulisan 'OVERLAND ROUTE' ini, namun apakah itu 'overland route' ?
Marilah sejenak kita melihat sejarah perkeretaapian di Amerika Serikat (Amrik, Yuwes)
Jaringan kereta api lintas benua Amerika yang pertama : First Transcontinental Railroad (mula-mula dikenal sebagai "Pacific Railroad" sebelum nama " Overland Route ") memiliki jalur sepanjang 1.907 mil (3.069 km) yang dibangun antara 1863 dan 1869 di bagian barat Amerika Serikat untuk menghubungkan pantai Pasifik di teluk San Francisco  dengan jaringan rel yang ada di bagian Timur AS dari Council Bluffs, Iowa , di Missouri River .  
 
model gerbong Post armada Central Pacific Railroad, predesor 'Southern Pacific'

Pembangunan jaringan rel kereta api perintis lintas benua ini melibatkan tiga perusahaan swasta raksasa saat itu : Western Pacific Railroad Company (lama) jalur antara Oakland ke arah Barat-Utara ke Sacramento, California (sejauh 132 mil (212 km)), maskapai kereta api Central Pacific Railroad of California dari Sacramento ke arah Barat menuju ke Promontory Summit, Wilayah Utah (UT) (690 mil (1110km)), dan Perusahaan Kereta Api Union Pacific dari Council Bluffs ke arah Timur dari Jalan nasional terminus bagian Timur di sisi timur dari Missouri River Omaha, Nebraska ketemu Promontory Summit (sejauh 1085 mil (1746km)). 
peta 'Overland Route' berdasarkan keterangan Wikipedia

model boxcar Yupi dengan logo 'Overland Route' ber-skala 'O'

ilustrasi para pekerja imigran dari Cina 
para imigran asal China dipekerjakan untuk pembangunan jalan kereta api di Sierra Nevada
 
sementara itu di tanah air, bangsa kita pun menjadi korban eksploitasi pembangunan jaringan kereta api

kredit foto
http://media-kitlv.nl/all-media/indeling/detail/form/advanced/start/12?q_searchfield=bandjar+tjiamis

'inlander' pekerja diambil fotonya di stasiun Kedungjati (KEJ) Jawa Tengah

Jaringan kereta api Pacific Railroad ini, pertamakali dibuka secara resmi pada 10 Mei 1869, ditandai dengan upacara "Last Spike" simbolis pemukulan paku emas pada bantalan rel di Promontory Summit.    Jalur ini membentuk jaringan transportasi mekanis lintas benua yang merevolusi pemukiman dan perekonomian Amerika Barat (mungkin juga budaya), dengan ini membuat negara-negara bagian di wilayah barat menetapkan garis perbatasan yang tegas dan mengambil profit ke dalam "Union" dan membuat transportasi penumpang maupun barang menjadi lebih cepat, lebih murah dan jauh lebih fleksibel dari pantai ke pantai.
ritual 'the Last Spike' merupakan moment paling bersejarah dalam perkeretaapian Yuwes
 
Promontory Summit merupakan daerah dataran tinggi 32 mil (51 km) sebelah barat dari Brigham City, Utah , dan 66 mil (106 km) barat laut dari Salt Lake City . Berada pada ketinggian 4.902 kaki (1.494 m) di atas permukaan laut , terletak di sebelah utara dari Pegunungan Promontory dan Great Salt Lake.
Sebutan ‘Overland Route’ menjadi terkenal sejak tahun 1962 setelah orang lebih tertarik menggunakan layanan angkutan kereta api. (Cooper, Bruce Clement (Ed), The Classic Western American Railroad Routes. New York: Chartwell Books(US) / Bassingbourn: Worth Press (UK); 2010. ISBN 978-0-7858-2573-9; ISBN 0-7858-2573-8; BINC: 3099794. pp 44–45).    
Sebelum itu,  penumpang dan barang menggunakan Kapal (ferry) uap  yang menghubungkan Sacramento ke kota-kota dan fasilitas pelabuhan di teluk San Francisco hingga 1869, ketika Central Pacific Railroad (CPRR) selesai dan membuka kelas Western Pacific Railroad ke Alameda dan Oakland (MP 6 ).
 
begitu membahana nya moment 'the Last Spike' sehingga dibuatkan model miniaturnya ber-skala HO

Pada musim panas tahun 1868, Central Pacific telah menyelesaikan jalur kereta pertama melalui Sierra Nevada dan saat itu bergerak turun menuju Plains Interior dan jalur kereta api dari Union Pacific .  Lebih dari 4.000 pekerja, di antaranya dua per tiga adalah imigran Cina , telah membangun lebih dari 100 mil (160 km) dari jalur di ketinggian di atas 7.000 kaki (2.100 m). Pada bulan Mei 1869, yang ujung rel Union Pacific dan rel kereta api Central Pacific akhirnya bertemu di Promontory Summit, Wilayah Utah .  Seorang pekerja Cina dan Irlandia khusus yang terpilih hanya butuh 12 jam untuk merampungkan bagian akhir sejauh 10 mil (16 km) sehingga upacara ‘Last Spike’ dapat terlaksana (meskipun konon sepat tertunda sehari karena adanya pemogokan).
Promontory Summit telah disepakati sebagai titik di mana kedua ujung rel bertemu dan akan memenuhi pertemuan berikutnya di Washington, DC pada bulan April 1869.  Sebuah upacara akan diadakan untuk memperingati moment yang bersejarah tersebut (the Last Spike). Namun, tanggal asli tanggal 8 Mei harus ditunda selama dua hari karena cuaca buruk dan perselisihan perburuhan di sisi Union Pacific.
Pada tanggal 10 Mei,  untuk mengantisipasi lancarnya upacara, rangkaian Union Pacific dengan road number 119 dan rangkaian Central Pacific road number 60 (lebih dikenal sebagai Jupiter ) dibuat berhadap-hadapan di Promontory Summit, hanya dipisahkan oleh sebuah bantalan rel. Tidak diketahui berapa banyak orang menghadiri acara tersebut, perkiraan berkisar 500 sampai sebanyak 3.000 pejabat pemerintah dan kereta api dan pekerja track hadir untuk menyaksikan upacara tersebut.
 
model lokomotif Yupi dengan road number 119 'the Last Spike'

 Sejarawan kemudian berpikir bahwa kurangnya pekerja Cina terlihat di potret resmi acara itu karena rasisme , namun ketidakhadiran mereka adalah karena pada waktu pelaksanaan upacara tersebut, banyak pekerja pulang ke pondok mereka yang terletak agak jauh dari lokasi upacara.
Central Pacific Railroad (CPRR) merupakan jaringan kereta api perintis di Negara Amerika Serikat (Yuwes) yang menghubungkan California dan Utah dan merupakan Transcontinental Railroad pertamax di Amerika Utara.  Kini menjadi bagian dari jaringan maskapai kereta api Union Pacific.  Proposal Central Pacific Railroad baru disahkan oleh Kongres Amerika Serikat pada tahun 1862. 
 
model/ miniatur kereta penumpang Central Pacific Railroad, cikal bakal 'SP' Southern Pacific
Pembiayaan atas pembangunannya melalui " The Big Four "(yang menyebut diri mereka" The Associates "): Leland Stanford, seorang pengusaha dari Sacramento, California, Collis Huntington , Charles Crocker , dan Mark Hopkins .  Sebagai penanggungjawab konstruksinya : Charles Crocker, mengerahkan sekitar 12.000 buruh para pekerja dari wilayah Barat yang terutama terdiri dari  imigran Cina , dieksploitasi oleh Perusahaan Central Pacific Railroad.  Pekerja-pekerja imigran dari China tersebut, jumlahnya mencapai 90 persen dari seluruh angkatan kerja
Pada tahun 1885 Central Pacific Railroad disewa oleh Southern Pacific Company, dan pada tahun 1959 mereka merger menjadi Southern Pacific.  Hingga kini jalur utama (main line) Union Pacific dan Southern Pacific masih mengukuti jalur bersejarah Overland Route dari Omaha, Nebraska sampai ke teluk San Fransisco.
model lokomotif 'CAB FORWARD' 2-8-8-2 armada Southern Pacific

Untuk mengenal lebih jauh tentang kereta api mancanegara Eropa (Yurop), mari berkunjung ke http://aabandema.blogspot.com/2014/01/lokomotif-lokomotif-mirip-2.html

Untuk mengenal lebih jauh tentang kereta api mancanegara Amerika (Yuwes), mari kemari http://aabandema.blogspot.com/2014/01/mengenal-lokomotif-mancanegara-yuwes.html 


Untuk mengetahui lebih banyak tentang miniatur kereta api Indonesia, mari silahkan http://aabandema.blogspot.com/2014/01/miniatur-kereta-api-indonesia.html 

2 komentar: