Total Tayangan Laman

Kamis, 23 Januari 2014

KOPLER PADA MINIATUR KERETA API

KENALI JENIS KOPLER-MU 



 Dalam hobby miniatur kereta api, lokomotif menarik rangkaian beberapa gerbong, seperti layaknya kereta api dalam dunia nyata.  Rangkaian tersebut dapat berupa gerbong barang, atau kereta penumpang.  Gerbong barang sendiri ada banyak macamnya, ada tangki, ada boxcar, flatcar dan masih banyak yang lainnya.
Seluruh rangkaian ini diistilahkan dengan 'rolling stock'.
 Agar supaya lokomotif dapat merangkai (menggandeng) rolling stock, dan dalam rolling stock antara gerbong yang satu dan yang lainnya dapat bergandengan, dibutuhkan sebuah alat perangkai yang lazim dinamakan KOUPLER (Coupler, kopler)

Selain skala yang berbeda, ada juga berbagai jenis Koupler untuk merangkai gerbong, yang tidak kompatibel satu sama lain.
Tidak semua merk gerbong atau lokomotif dapat dirangkaikan begitu saja dalam sebuah rolling stock, jadi jangan heran jika anda membeli dua gerbong dengan merk yang berbeda, atau lokomotif dengan gerbong yang berbeda merk/ tipe ternyata memiliki jenis koupler yang berbeda, dan itu artinya : gerbong tidak dapat tersambung, alias not compatible.
Marilah kita mengenali koupler-koupler dalam rolling stock yang LAZIM dijumpai di PASAR INDONESIA

Koupler Horn Hook 

  Koupler Horn Hook adalah sebentuk plastik yang dicetak menjadi coupler , yang digunakan pada model  miniature kereta api skala HO.   Koupler Horn Hook ini Populer dari tahun 1960 sampai awal 1990-an untuk train set, karena ongkos produksi yang relative murah dan operasional yang mudah bagi anak-anak.   (Train set adalah set penjualan miniatur kereta api di toko-toko, sebuah lokomotif yang lengkap dengan beberapa gerbong dan track, dijual satu set – bukan ketengan) .  Kelemahan coupler Horn Hook ini tidak memiliki cara mudah untuk uncoupling otomatis dan sama sekali tidak mirip dengan jenis coupler jenis apapun, pada kereta api yang sebenarnya

bermacam-macam pose tipe koupler Horn Hook

untuk mengenali permasalahan dalam miniatur kereta api Indonesia, anda kami persilahkan berkunjung ke http://aabandema.blogspot.com/2014/01/miniatur-kereta-api-indonesia.html


agar anda akrab dengan skala dan gauge, anda dapat klik di sini http://aabandema.blogspot.com/2014/01/skala-gauge.html

jika anda ingin membangun sebuah Lay out yang sesuai dengan citarasa anda, kami persilahkan anda untuk berkunjung ke halaman ini http://aabandema.blogspot.com/2014/01/miniatur-kereta-api-arsitektur-ruang.html  dan lanjutannya ada pada judul yang sama http://aabandema.blogspot.com/2014/01/miniatur-kereta-api-arsitektur-ruang_18.html
 
Koupler Horn Hook sering  disebut pula coupler X2F,  Hook-Horn, atau koupler NMRA,  beberapa pehobby miniatur kereta api menggantinya dengan Koupler jenis ‘Knuckle’ yang nampak lebih real dan lebih mudah pengoperasiannya.   Pada tahun 1990-an masa patent khusus coupler Horn Hook berakhir sehingga berangsur jenis coupler Horn Hook menghilang dari peredaran, digantikan oleh coupler ‘Knuckle’ yang lebih mudah pengoperasiannya .


 Koupler KNUCKLE



Koupler Knuckle diketemukan pada tahun 1870-an di Amerika Utara.  Eli Janney mendaftarkan temuannya dengan paten untuk apa ultmately menjadi desain alat perangkai standar  pada tahun 1873.  
Gagasan awal untuk coupler Knuckle berasal dari berjabat tangan.  Dari atas, sepasang koupler Knuckle yang menyerupai tangan manusia yang saling menggenggam. Bagaimana cara melepaskan genggaman?
Detail renik dan fungsi koupler Knuckle telah menjadi tantangan pemodel dari generasi ke generasi.  Dalam skala yang lebih kecil, Kadee  menetapkan standar selama beberapa dekade. Pada tahun 1947 desain Kadee dipatenkan menjadi begitu universal sedemikian sehingga nama itu tetap identik dengan koupler jenis knuckle sampai kini.   
 
koupler Knuckle dan bagian-bagian renik-nya

Selain merancang sistem kerja koupler,  Kadee juga mengembangkan sistem koupler yang kuat,  untuk dapat digunakan merangkai hampir setiap bagian model rolling stock.  Meskipun rolling stock memiliki shenks berbeda panjang, offset kepala, lubang pemasangan dengan ukuran yang tak lazim, dan jalur masuk ke rumah kouplernya,  merangkai lebih untuk membuat mengubah apa pun yang mungkin.
Terbuat dari logam, Koupler Kadee menggunakan sepasang pegas untuk menjaga semua bagian tetap erat pada pusat-nya.  Pegas yang tersemat dalam coupler menjaga coupler tetap tertutup. Dalam sekejap, dalam kotak rumahnya, menjaga coupler selalu pada posisi pusat untuk merangkai gerbong lain.
koupler Kadee
 
Keunggulan coupler Kadee yang menggunakan tongkat melengkung (jenggot) di bawah coupler knuckle (dirancang untuk menyerupai sebuah selang udara) untuk bereaksi terhadap magnet antara rel untuk uncoupling otomatis. Pemodel akhirnya punya coupler yang kokoh, handal dan otomatis.
Sejak paten pertama Kadee yang berakhir pada tahun 1997, banyak manufaktur telah datang dengan desain kompatibel. Meskipun semua merek akan berinteraksi, kopler dan merek uncoupling yang berbeda, tidak selalu semulus menggunakan jenis/ merk yang sama.
koupler Knuckle yang dapat merubah tipe koupler jenis NEM
 
Uncoupling
Fungsi magnetik uncoupling paling banyak digunakan untuk coupler jenis knuckle hamper pada setiap skala. Magnet dipasang antara atau di bawah rel menarik tuas/ jenggot, sehingga membuka genggaman koupler.   Dengan back up yang halus, kemudian mendorong maju, koupler akan tetap terbuka tetapi dalam posisi "tertunda".  Sehingga gerbong kemudian dapat mendorong dari magnet ke tempat akhir.  Back up dan maju lagi off dari magnet dan koupler akan terrangkai secara otomatis.
magnet Uncoupler


KOUPLER NEM


Ada banyak masalah pada fitur koupler NEM untuk mendapatkan rangkaian yang handal antara lokomotif beserta rolling stock nya.  Pabrik-pabrik produsen miniatur kereta api di Inggris tidak sepenuhnya mengikuti standard normatif NMRA (Asosiasi penggemar hobby Miniatur Kereta api Amerika – National Model Railroad Association).
Hal tersebut membuat para pelaku hobby miniatur Kereta api mencari jenis Koupler yang dapat merangkai rolling stock lebih rapat dan lebih mudah.
Sebagian besar rolling stock skala HO Eropa dan Amerika tidak mengalami masalah yang sama seperti rolling stock Inggris, karena para produsen pabrikan miniatur Kereta api di luar Inggris lebih mengikuti definisi NMRA daripada produsen pembuat merk-merk ternama Inggris.

isu utama pada model Inggris adalah bahwa kantong rumahan koupler NEM bervariasi dalam posisi dari satu model ke model lain (baik tinggi maupun inset)

Ini harus dikatakan bahwa produsen besar terpengaruh oleh hal ini adalah pada kasus ini dan mudah-mudahan inkonsistensi tersebut akan diselesaikan di beberapa titik di masa depan
 
koupler jenis NEM



Untuk pehobby miniatur kereta api Inggris, yang paling populer adalah skala OO, coupler yang biasa dipakai adalah tension-lock coupler, yang kurang mereplikasi prototipe koupler rantai tiga-link.   Kemudian pabrikan Bachmann dan Hornby telah mulai menawarkan model kopler yang dilengkapi dengan rumah NEM coupler.  Hal ini secara teoritis memungkinkan pehobby miniatur kereta api Inggris untuk mengganti setiap coupler NEM362 lain, meskipun banyak model Bachmann menempatkan rumah coupler NEM pada ketinggian yang tidak sama.  Sebuah alternatif yang cukup umum adalah dengan merepresentasikan koupler rantai seperti yang ditemukan pada prototipe, meskipun ini membutuhkan kurva radius besar untuk menghindari derailments.
Harus ditekankan bahwa, di semua skala, koupler dapat ditukar, dengan tingkat kesulitan masing-masing.
 
koupler jenis NEM




Standar Amerika pada skala HO merujuk pada perangkai Horn Hook, atau koupler X2F.  Koupler Horn Hook memberikan andil yang besar, lahirnya desain coupler yang dikenal sebagai knuckle coupler yang dipopulerkan oleh Kadee Quality Products Co, dan yang kemudian telah ditiru oleh sejumlah manufaktur lainnya dalam beberapa tahun terakhir.  Cara bekerja coupler ‘knuckle’ adalah pendekatan lebih mirip ke koupler-koupler "otomatis" yang digunakan pada kereta api sebenarnya. Juga di HO, produsen Eropa memiliki standar, tetapi pada coupler mount, bukan coupler: banyak jenis coupler dapat dipasang di (dan keluar) dari kotak rumahan NEM coupler. Tak satu pun dari koupler-koupler populer mempunyai kemiripan dengan rantai tiga-link prototipe umumnya digunakan di benua itu.




Perlu diketahui bahwa, di semua skala, koupler dapat ditukar, dengan tingkat kesulitan masing-masing.

agar anda semakin mengenal jenis lokomotif-lokomotif  mancanegara (Eropa) anda saya persilahkan untuk meng klik http://aabandema.blogspot.com/2014/01/mengenal-lokomotif-mancanegara-yurop.html

dan untuk yang menyukai lokomotif Amerika, silahkan anda baca di sini http://aabandema.blogspot.com/2014/01/mengenal-lokomotif-mancanegara-yuwes.html

agar anda tidak ketinggalan pengetahuan sejarah perkereta apian di Amerika, silahkan klik di http://aabandema.blogspot.com/2014/01/sejarah-kereta-api-amerika-yuwes.html

dan untuk berkunjung ke kota mini KIRANGAN, anda saya persilahkan melewati http://aabandema.blogspot.com/2014/01/konsep-kota-kirangan.html

sebenarnya koupler tipe NEM ini merupakan koupler yang sangat baik genggamannya, karena memiliki 'gelang pengunci'.  Kelemahan jenis koupler 'KNUCKLE' adalah di saat menikung 'S' atau tikungan tanjakan, anda dapat melihat bahwa tinggal bagian setitik saja dari koupler KNUCKLE yang sungguh-sungguh 'berjabat tangan'
koupler KNUCKLE, rawan decoupler di 'jalur kritis'
perlu anda ketahui pula, bahwa ketika rangkaian kereta penumpang berjumpa dengan lintasan berbelok (curving) maka posisi tampak dari atas adalah sebagai berikut 
posisi rolling stock di tikungan (curve)
posisi jalur kritis, rangkaian rawan 'decoupler'
jadi, berhati-hatilah mengatur posisi belokan (curve) pada sebuah Lay out, supaya tidak terjebak pada jalur kritis


apakah NEM ?



Standar NEM adalah standar untuk miniatur kereta api diterbitkan oleh MOROP .  NEM merupakan singkatan Normen Europäischer Modellbahnen (Jerman), Normas Europeas de Modelismo (Spanyol) atau NORMES Européennes de Modélisme (Perancis), yang dalam terjemahan bahasa aselinya (Jerman) adalah Standar Eropa untuk Model Kereta Api.  Ungkapan Normal European Modelling Standards atau disingkat Standar NEM digunakan antara pemodel kereta api Eropa di UK(Inggris).
The NEM standar yang ditetapkan dan dikelola oleh Komisi Teknis MOROP bekerjasama dengan produsen model kereta api (di Eropa).
Standarisasi NEM menetapkankan skala-skala dalam kereta api Model dan panduan bagi pabrikan produsen dalam menciptakan produk yang kompatibel dan membantu pelaku hoby miniature kereta api (KAMODER) dalam membangun layout kereta api model yang handal. Standarisasi tersebut meliputi bidang-bidang seperti derajat tanjakan, radius lengkungan, profil roda, desain kopling (alat perangkai), Digital Control Command dan skala-skala yang lebih spesifik.  Prinsip dasar dalam standar NEM adalah kompromi dalam rasio perbandingan skala yang tepat untuk mendukung kehandalan operasional model sistem kereta api. Contoh untuk hal ini adalah flange roda yang secara proporsional cenderung lebih luas dalam skala yang lebih kecil untuk menjamin operasi yang handal.  (**artinya lebar flange tidak sungguh-sungguh memanifestasikan lebar flange pada skala sesungguhnya yang dibagi oleh faktor skala-nya)
Standarisasi NEM mencakup hal-hal mirip dengan standarisasi dan praktek yang direkomendasikan oleh NMRA di Amerika Serikat , tetapi dua standar tidak seluruhnya bisa dipertukarkan.  Dalam beberapa tahun terakhir, MOROP dan NMRA telah bekerja lebih erat bersama-sama untuk menetapkan standar umum untuk perkembangan seperti Digital Control Command (Kontroler Digital – pengendali rangkaian kereta api di atas track/ lay out secara dijital, yang memungkinkan pengaturan untuk beberapa rangkaian (lokomotif) sekaligus) . Produsen model kereta api Eropa umumnya mengikuti standar NEM, sementara produsen Amerika Utara umumnya mengikuti standar NMRA. 

LAY OUT dalam MINIATUR KERETA API

Lay out dalam konteks miniatur kereta api lahir dari keinginan orang untuk  memiliki beberapa rangkaian kereta api (mini) yang dapat dikendalikan dan menghabiskan berjam-jam untuk dapat menjalankan rangkaian-rangkaian tersebut dengan lancar  sambil melewati pemandangan yang dilewatinya.  Pemodel dapat mengoleksi model kereta api, membangun lansekap untuk dapat dilewati kereta, atau mengoperasikan sendiri kereta api miniatur.  

jangan lupa untuk berkunjung ke kota Semarang, kota kelahiran kereta api di Indonesia http://aabandema.blogspot.com/2014/01/kota-kirangan-dan-kota-semarang_21.html 

dan kunjungi juga kota imajiner KIRANGAN di http://aabandema.blogspot.com/2014/01/enjoy-living-in-kirangan-place.html
Untuk beberapa pemodel, tujuan membangun sebuah layout adalah untuk menjalankan rangkaian koleksinya, sehingga seolah-olah itu adalah kereta api yang nyata (jika tata letak didasarkan pada pembangunan yang menarik) atau sebagai kereta api sebenarnya (jika tata letak didasarkan pada prototipe ). Jika pemodel memilih model prototipe, mereka dapat mereproduksi track-by-track reproduksi dari kereta api nyata dalam miniatur, yang sering menggunakan prototipe track diagram dan peta bersejarah.


perhatikan bahwa harus ada jarak bebas di sisi kiri-kanan yang cukup untuk kereta berbelok

penempatan belok kereta yang serampangan dapat mengakibatkan rolling stock decoupler atau tergelincir

pengembangan koupler KNUCKLE adalah koupler SERGENT

secara fisik dan visual, Koupler SERGENT mirip sekali dengan koupler jenis Knuckle,.....koupler Sergent merupakan pengembangan dari koupler Knuckle yang dibuat lebih menyerupai sistem koupler knuckle di skala sesungguhnya 
fisik koupler SERGENT mirip KNUCKLE Kadee
karena dikembangkan dari koupler Knuckle yang lama, koupler Sergent ini masih cukup langka di pasar aksesoris hobby miniatur kereta api di tanah air, dan yang pasti, harganya lebih mahal.  Anda dapat melihat performa koupler SERGENT di sini http://www.youtube.com/watch?v=CH2ncSzfGxw

sayang sekali harga koupler jenis SERGENT ini masih belum sebanding dengan kelebihannya, selain lebih mirip dengan koupler Knuckle (kopler genggam) di skala sesungguhnya, koupler Sergent tidak compatible dengan koupler Knuckle konvensional yang banyak dipakai oleh pelaku hobby di tanah air, dan performa-nya tidak seheboh yang diiklankan
Sergent coupler (yang kanan dipegang ibujari) tidak kompatibel dengan knuckle konvensional



- terimakasih atas kunjungannya ke halaman kami -





6 komentar:

  1. Mantab pak, di tunggu info selanjutnya...... oh iya, ternyata kalau au buat link seperti http di masukkan ke tulisan panjenengan bisa di klik "link", jadi nanti kita bisa mengisi dengan kata-kata kita sendiri yang mana kalau kata tersebut di klik akan terhubung ke link yng kita maksud (saya juga baru tau soalnya hehehe...) .... Jaya Selalu Kereta Api Endonesah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanx pak Haryo heheheheeee....sama-sama

      Hapus
    2. ngih, sami2 pak... mari memasarkan kereta api ke seluruh laipsan masyarakat pak.. hehe

      Hapus
  2. Kira kira harga 1 set kereta dan rel nya ABISIN dananya berapa yaa

    BalasHapus