Total Tayangan Halaman

Sabtu, 18 Januari 2014

MINIATUR, KERETA API, ARSITEKTUR, RUANG PUBLIK dan SEJARAH (2)

MENGENAL GEDUNG KERETA API BEKEN DENGAN ARSITEKTURNYA

STASIUN GARE DU NORD di Paris
Stasiun ini melayani sekitar 180 juta traveler setiap tahun. Gare du Nord di Paris, Prancis menjadi stasiun tersibuk di Eropa dan kedua di dunia.
Stasiun Gare du Nord dianggap sebagai stasiun terbesar kedua di Eropa dengan jumlah total 44 peron.
Gare du Nord melayani kereta MRT-nya Paris yang disebut Metro, kereta antar kota Reseau Express Regional (RER) dan merangkap terminal bus.  Gare du Nord juga melayani kereta peluru lintas negara antara lain ke Jerman, Belgia, Inggris dan Belanda.
Stasiun Gare Du Nord melayani lalulintas kereta api di Perantjis Utara, menghubungkan langsung dengan kereta-kereta relasi Belgia, Jerman, Belanda dan United Kingdom.  Stasiun ini dibangun pada periode 1861~1864 lebih muda dari stasiun Gare de l'Est dan dirancang oleh arsitek aseli Perantjis : Jacques Hittorff dengan unsur gaya Beaux Art dan neoklasik yang kental.
Stasiun Gare Du Nord ini dibangun hampir bersamaan dengan pencangkulan pertama pekerjaan jaringan kereta api di Jawa, jalur Semarang bij Tangoeng di Jawa diresmikan pembangunannya oleh Gubernur Jenderal Ludolph Anne Jan Wilt Baron Sloet van Beele.
Stasiun beken skala Yurop : Gare Du Nord

Stasiun Gare Du Nord sebetulnya pertamax dibuka pada tahun 1846 (**tepatnya 14 Juni 1846).  Stasiun yang dibangun oleh Chemin de Fer du Nord ini kemudian seiring waktu dirasa sudah tidak layak untuk menampung kesibukan lalulintas kereta api di Perantjis Utara, kemudian dirobohkan dan dibangun stasiun Gare Du Nord yang lebih besar seperti yang ada saat ini.
Gambar diambil dari : http://www.about-paris.com/images/gare-du-nord-facade.jpg

 Delapan dari sembilan patung yang paling megah, yang menjadi mahkota bangunan sepanjang garis  cornice, menggambarkan tujuan di luar Perancis, dengan patung ke sembilan yang berada pada pusatnya menggambarkan kota Paris di tengah. Empat belas patung yang lebih sederhana yang mewakili kota-kota di utara Perancis berjajar lebih rendah pada façade.
 Peresmian Jaringan Kereta Api pertama di Jawa
peresmian halte Tangoeng kredit foto : http://media-kitlv.nl/all-media/indeling/detail/start/37?f_trefwoord[0]=railway+stations

Pilar-pilar pendukung atap peron stasiun Gare Du Nord didatangkan langsung dari pusat industri besi tempa Alston & Gourley di Glasgow (UK)  Kredit foto :  http://www.chouquette.co.uk/wp-content/uploads/2012/10/gare-du-nord.jpg

Stasiun Gare Du Nord merupakan stasiun 'terminus' atau 'Kop Station' kemudian mengingatkan saya pada stasiun SAMARANG (konon stasiun kereta api pertamax di tanah air)

Stasiun terminus 'SAMARANG' 1870
 dan juga stasiun 'Boekit Doeri'
Stasiun N.I.S  'Boekit Doeri Passer'
Stasiun 'Boekit Doeri Passer' adalah stasiun 'Nederlandsch Indischë Spoorweg Maatschappij' yang juga merupakan stasiun terminus.  Stasiun yang sekarang menjadi DEPO KRL BUKIT DURI ini dulu sering keliru disangka orang stasiun Jatinegara (JNG).  Stasiun yang kita kenal sebagai stasiun Jatinegara, adalah stasiun Staatsspoorwegen yang lebih baru dari stasiun 'Boekit Doeri Passer'
ujung stasiun 'Boekit Doeri Passer' - Meester Cornelis terlihat dari belokan sungai Ciliwung
karena bekennya, sisi utara stasiun kereta api di Bandung juga ikut menggunakan nama 'Gare Du Nord'

Artikel ini merupakan artikel lanjutan dari http://aabandema.blogspot.com/2014/01/miniatur-kereta-api-arsitektur-ruang.html

STASIUN GARE DE L'EST

Stasiun Gare de l'Est dibuka pada tahun 1849 (ini 18 tahun sebelum pembukaan jalur Samarang~Tangoeng di pulau Jawa) - oleh Compagnie des chemins de fer de l'Est (**sebuah maskapai perkeretaapian perintis di Perantjis).
Stasiun ini merupakan stasiun paling sepuh di Perantjis.  Stasiun tersebut dibangun dengan arsitektur abad 18 yang masih dipengaruhi oleh gaya-gaya Beaux Arts
Stasiun Gare de l'Est tahun 1883
Stasiun Gare de l'Est berada tak seberapa jauh dari stasiun Gare Du Nord, masih di kecamatan 10th arrondissement di kota Paris.   Kredit foto : http://img26.xooimage.com/files/8/7/7/gare-l-est-243179-1a16989.jpg
Dan sama seperti stasiun Gare Du Nord, stasiun Gare de l'Est merupakan stasiun terminus (kopstation, -bayangkan stasiun SAMARANG-, stasiun pertamax di Indonesia/ Nederlandsch Indischë).
(kredit foto : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgPA4h7AdypMpwxKpi80R_e3XNLEKGivxHSbY0McM6FqObnjcsFQcx8W46eShm_9bE1KHHQjSFeJEoLCctcu56g3AAB1aeYtyvC21sezkAfU5hXAU1N7B0hN7ycMD-7jMhc0q2NB5AfhIFv/s1600/GARE-DE-L-EST.jpg)  - Juga seperti Gare Du Nord, stasiun Gare de l'Est mengalami reno besar-besaran pada tahun 1885 dan 1900 karena tuntutan kebutuhan, tingkat layanan yang semakin tinggi.   Hari bersejarah adalah 4 Oktober 1883, di mana terjadi pemberangkatan pertamax Kereta api Agatha Christie : 'Orient Express' dengan tujuan Istambul - Turki.
stasiun Gare de l'Est sekarang


KMP-nya CIWL 'Orient Express' yang sudah berusia 1 abad
Kereta Api tidur mewah 'Orient Express' adalah salah satu layanan andalan Compagnie Internationale des Wagons-Lits (CIWL) yang didirikan oleh Georges Nagelmackers (1874).  - Sebelum Perang Dunia I , CIWL memegang monopoli menjadi satu-satunya kelompok yang melayani kebutuhan wisatawan kereta api internasional. Perusahaan ini memperkenalkan layanan terkenal, seperti Orient Express ,  Nord expresc , dan Sud express dan diperluas ke pasar luar Eropa termasuk melayani Transsibérien seluruh Rusia.

HOFDKANTOOR VAN DE NEDERLANDSCH INDISCHË SPOORWEG MAATSCHAPPIJ TE SEMARANG

 Dari Paris - Perantjis, kita menuju kota Semarang di Jawa Tengah
27 Februari 1904, adalah awal pembangunan LAWANG SEWU, -  kantor pusat  Perusahan Kereta Api Swasta NIS (Hofdkantoor van de Nederlandsch Indischë Spoorweg Maatschappij).

Gedung 'Lawang Sewu' dirancang oleh Prof. Jacob F. Klinkhamer (TH Delft) dan B.J. Ouendag, arsitek yang berdomisili di Amsterdam.  Seluruh proses perancangan dilakukan di Negeri Belanda, baru kemudian gambar-gambar dibawa ke kota Semarang.

Lawang Sewu (dok. pribadi)
 terlihat dari jalan Pemuda (Bodjongweg)
Lawang Sewu 2013 (dok. pribadi)

Melihat dari cetak biru Lawang Sewu tertulis bahwa site plan dan denah bangunan ini telah digambar di Amsterdam pada tahun 1903.  Begitu pula kelengkapan gambar kerjanya dibuat dan ditandatangi di Amsterdam tahun 1903


KANTOR ADMINISTRASI SEMARANG - JOANNA STOOMTRAM MAATSCHAPPIJ
tidak seperti kantor  Nederlandsch Indischë Spoorweg Maatschappij (Lawang Sewu) yang sampai kini masih bersih terawat, bekas kantor administrasi perusahaan swasta pengelola kereta tram Semarang-Yuwana (SJS - Semarang Joanna Stoomtram Maatschappij) kondisinya mengenaskan
dokumentasi pribadi
tampak depan 
dokumentasi pribadi
tampak dari ujung jalan Ronggowarsito
dokumentasi pribadi
padahal dahulu daerah ini merupakan kawasan yang sejuk dan rindang https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfR99dmxYWa5TogSReSvvb4Ouav4Xny2pbqqHzeLCa9p310sR019GNdYwwjSqi__-JEjiuYig0yDz9qspl7DflpgPJAfjC5am3ZFX0siGo5vLxkCJwO8fgmNieMm11Ek6Y7e943V-WglQ/s1600/DSC00625+re.jpg  

spot KITLV.nl




Tidak ada komentar:

Posting Komentar