LOKOMOTIF DB V200
Lokomotif (Deutsche Bundesbahn) DB class V200 dibuat pertama
kali oleh Krauss-Maffei pada periode 1953~1954 yang kemudian dilanjutkan oleh
Maschinenbau Kiel GmbH (MaK) pada periode tahun 1956 bertenaga 2170hp.
Selain Jerman Barat, Negara pemakai yang lain
adalah Switzerland (armada SBB CFF FFS) dan pada periode tahun 1982~1990 juga
dipesan oleh perusahaan maskapai kereta api swasta Italia (Ferrovia
Suzzara-Ferrara) menyusul kemudian Ferrovie Padane (FP), Impresa Veltri (IPE),
kemudian Impresa Valditerra dan Ferrovie Nord Brescia (FNB)
lokomotif DB V200 |
Menggunakan mesin Maybach (type MD650) dengan transmisi
hydrolic dari Voith (type LT306r/b) mengingatkan pada lokomotif Indonesia BB301
buatan Krupp. Lokomotif BB301 ini mulai
berdinas sejak tahun 1964 dengan kedatangan batch awal sebanyak 10 buah, ditenagai oleh mesin Mercedes-Maybach
12V655(01-45) dan MTU Series 538 atau yang dikenal dengan MD (Maybach
diesel) - diesel engine yang mampu menghasilkan 1500 horse power. Lokomotif ini
merupakan salah satu lokomotif besar paling ringan di Indonesia, karena itu
bisa melewati jalur-jalur bertekanan gandar rendah dengan kecepatan jelajah
maksimum 120km/jam.
Untuk transmisi hidrolis-nya, si mbah BB301
mencangkokkan 2 Tipe motor Voith L 630 r U 2.
Pada awal tahun ‘60an Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA) memesan 30
lokomotif dari pabrik Fried Krupp yang memiliki builder number
4669-4698 dan 15 unit dari Krauss Maffei yang memiliki builder number
19121-19135. Setelah beberapa bulan perancangan dan produksi, lokomotif
pertama keluar dari pabrik fried Krupp di Essen tahun 1964. Lokomotif
ini merupakan bagian dari tipe lokomotif diesel Hidrolik terkenal Krupp
yaitu M 1500 BB
model lokomotif BB30404 dengan livery PJKA |
Kejayaan mbah BB dari sejak awal kedatangannya sekitar tahun
1964 sampai era 1970 terbukti dengan kedigdayaannya menarik kereta-kereta papan
atas tanah air pada masa itu : Bima, Parahijangan dll. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgZMB08PCAzTfNwMv8sBHnAqR9g6XlqfnxsIccF2Gx2C4mj56rYhpgbuJpTu3PQrvPvHDtog6haABBo8FD3eMLJCs1jPvxUtrrhGPDXYnYDwq4mdtVSdKxVjmGLXX690mqYpDoYfxzflHO2/s320/BB30104_Bima_SGU.jpg http://i44.tinypic.com/2lo6wzc.jpg
uji coba lokomotif M1500 BB_Krupp Maffei di Hagen dengan gauge 1435mm |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar