Total Tayangan Halaman

Sabtu, 18 Januari 2014

LOKOMOTIF BERTEKNOLOGI YUROP



 LOKOMOTIF DB V200

Lokomotif (Deutsche Bundesbahn) DB class V200 dibuat pertama kali oleh Krauss-Maffei pada periode 1953~1954 yang kemudian dilanjutkan oleh Maschinenbau Kiel GmbH (MaK) pada periode tahun 1956 bertenaga 2170hp.  
Selain Jerman Barat, Negara pemakai yang lain adalah Switzerland (armada SBB CFF FFS) dan pada periode tahun 1982~1990 juga dipesan oleh perusahaan maskapai kereta api swasta Italia (Ferrovia Suzzara-Ferrara) menyusul kemudian Ferrovie Padane (FP), Impresa Veltri (IPE), kemudian Impresa Valditerra dan Ferrovie Nord Brescia (FNB)

lokomotif DB V200
Menggunakan mesin Maybach (type MD650) dengan transmisi hydrolic dari Voith (type LT306r/b) mengingatkan pada lokomotif Indonesia BB301 buatan Krupp.  Lokomotif BB301 ini mulai berdinas sejak tahun 1964 dengan kedatangan batch awal sebanyak 10 buah,  ditenagai oleh mesin Mercedes-Maybach 12V655(01-45) dan MTU Series 538 atau yang dikenal dengan MD (Maybach diesel) - diesel engine yang mampu menghasilkan 1500 horse power. Lokomotif ini merupakan salah satu lokomotif besar paling ringan di Indonesia, karena itu bisa melewati jalur-jalur bertekanan gandar rendah dengan kecepatan jelajah maksimum 120km/jam.  
 
model lokomotif BB304; adik BB301 dengan livery KAI lama
 Untuk transmisi hidrolis-nya, si mbah BB301 mencangkokkan 2 Tipe motor Voith L 630 r U 2.
Pada awal tahun ‘60an Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA) memesan 30 lokomotif dari pabrik Fried Krupp yang memiliki builder number  4669-4698 dan 15 unit dari Krauss Maffei yang memiliki builder number 19121-19135. Setelah beberapa bulan perancangan dan produksi, lokomotif pertama keluar dari pabrik fried Krupp di Essen tahun 1964.  Lokomotif ini merupakan bagian dari tipe lokomotif diesel Hidrolik terkenal Krupp yaitu M 1500 BB
model lokomotif BB30404 dengan livery PJKA

Kejayaan mbah BB dari sejak awal kedatangannya sekitar tahun 1964 sampai era 1970 terbukti dengan kedigdayaannya menarik kereta-kereta papan atas tanah air pada masa itu : Bima, Parahijangan dll.   https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgZMB08PCAzTfNwMv8sBHnAqR9g6XlqfnxsIccF2Gx2C4mj56rYhpgbuJpTu3PQrvPvHDtog6haABBo8FD3eMLJCs1jPvxUtrrhGPDXYnYDwq4mdtVSdKxVjmGLXX690mqYpDoYfxzflHO2/s320/BB30104_Bima_SGU.jpg         http://i44.tinypic.com/2lo6wzc.jpg

uji coba lokomotif M1500 BB_Krupp Maffei di Hagen dengan gauge 1435mm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar