Total Tayangan Laman

Kamis, 16 Januari 2014

Tentang Diorama

http://kiranganhimir.wordpress.com

Sebuah rangkaian model (miniatur) kereta api, akan lebih indah apabila dijalankan pada sebuah Lay Out, karena mereka dapat beraksi sebagaimana layaknya kereta api yang sesungguhnya.
Yang pertama kali terpikir ketika akan menyentuh sebuah Lay Out adalah : suasana.
Lay Out dalam permodelan kereta api, merupakan sebuah lahan (wahana) yang memungkinkan sebuah atau lebih rangkaian miniatur kereta api berjalan, berlenggang-lenggok, mendaki-menurun sebagaimana layaknya kereta api yang sesungguhnya.

Untuk mewujudkan angan-angan tentang Lay Out, sudah barang tentu kita harus memiliki ruang yang cukup untuk perputaran atau maneuver kereta api yang kita cita-citakan (besar dan kecilnya bergantung juga pada pilihan skala dan ekspektasi dari masing-masing kita), di samping biaya yang cukup tentunya.   Kemudian yang paling mengganggu adalah pemilihan sceen atau diorama, suasana yang akan 'menghidupkan' memberi jiwa pada Lay Out tersebut.
Sceen Amerika
 sceen seperti ini sungguh menarik hati, seperti...menghadirkan kehidupan nyata dalam miniatur.  Namun ini suasana Amerika yang hampir-hampir tidak saya fahami sama-sekali, kecuali Amerika yang ada dalam pilem-pilem 'Hollywood' yang tentu saja sangat lain dengan kehidupan nyata sehari-hari di sana.

Sceen berikut ini tidak kalah amboy.  Namun sceen Yurop seperti ini juga hampir tidak saya fahami sama-sekali, terutama yang menyangkut latar belakang budaya dan sosial, yang selalu aktual (atau historis aktual)

 sceen Yurop (Europe)








akhirnya saya memilih sceen lokal, sesuatu yang paling mudah saya fahami, saya rasakan.  Menyatu dalam setiap hembusan nafas, hinggap di depan mata sehari-hari (**lebaying ONmode)
sehingga apabila suatu saat ada yang bertanya (siapa saja orang nya, mulai dari keluarga terdekat : anak-anak saya, dan teman-temannya) saya masih punya segudang cerita sehingga mereka merasa terpuaskan.  Tidak banyak komplain,...itu yang penting
Karena jika saya pilih sceen Amerika atau Yurop, jelas saya tidak bisa ceritakan, bahkan jenis-jenis kereta apinya saja kurang saya fahami.
Memang dapat dipelajari tentang jenis-jenis kereta itu, sekarang informasi dapat dengan mudah didapatkan dari media mana saja, namun jika itu bukan merupakan bagian dari kehidupan kita, pengetahuan saja akan cepat kita melupakannya.

sceen Lokal


 Dari kedalaman rasa, kita dapat menghadirkan nuangsa-nuangsa yang tidak kalah indah dengan sceen-sceen dari mancanegara, kalau kita mau.  Terlebih kita dapat menghadirkan kekuatan kearifan lokal.

gerbang Bentar
atau pada detail seperti ini, di mana ada 'kekuatan-kekuatan' yang tidak dimiliki di negara manca

rombong dan suasana alam marginal
ada banyak fragmen-fragmen lain yang bisa anda intip di  http://kiranganhimir.wordpress.com
kunjungi juga http://aabandemar.blogspot.com untuk pengenalan susunan roda lokomotif uap


LAY OUT - wahana bagi miniatur(model) kereta api



LAY OUT - tidak setiap orang memperoleh kesempatan untuk dapat membangun sebuah lay out - biaya hanyalah nomor keempat dari urutan pembuatan sebuah Lay Out.
  1. dibutuhkan ruang/ tempat yang cukup
  2. dibutuhkan waktu yang cukup
  3. dibutuhkan mental yang cukup
yang perlu diingat pula adalah MASA DEPAN sebuah LAY OUT
banyak Lay Out yang berkualitas, luas yang mulai terbengkalai karena minim-nya perawatan.

4 komentar:

  1. Blogwalking sembari udhudhan n ngopi... Gambar2 Postingan e Mantaaappp, :thumbs

    BalasHapus
  2. Mas itu foto yg terakhir2, bahan untuk buat lay out gt pake bahan apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kunjungannya Marsus cuzz,....untuk bahan lay out,...kebanyakan saya memakai kertas duplex (ketebalan 1.5mm).,....yang lain: plastic styrene (ABS)

      Hapus