HOPPER, GONDOLA, ORE (APAKAH ITU ?)
Pada postingan saya yang kemarin, sempat saya singgung mengenai 'Rolling Stock' (**bukan Rolling Stones ya ?) mari silahkan http://aabandema.blogspot.com/2014/01/kopler-pada-miniatur-kereta-api.htmlNah dalam semesta miniatur kereta api di wilayah tanah air, yang notabene banyak didominasi oleh produk-produk Amerika Serikat (Yuwes), kita banyak membaca nama : Hopper, Gondola dan Ore
sobat kamoder, taukah anda apakah itu ?
HOPPER
Gerbong hopper adalah jenis gerbong barang (freight car) yang digunakan untuk mengangkut komoditas curah seperti batubara , bijih , biji-bijian dan track ballast
(di
Indonesia orang menyebut kricak) . Dua
jenis utama dari gerbong hopper adalah : gerbong tertutup, yang
dilengkapi dengan atap, dan gerbong yang terbuka, yang tidak memiliki
atap.
Gerbong Hopper berbeda dari gerbong gondola yang pintunya
dapat membuka di bagian bawah atau di sisi untuk melepaskan muatannya. Pengembangan
gerbong hopper seiring dengan perkembangan penanganan otomatis komoditas,
dengan fasilitas bongkar muat otomatis. Gambar di atas diunggah dari : http://4.bp.blogspot.com/-vZWWqO3VFMQ/UAwgfGDPVPI/AAAAAAAFdBs/IIgKrfADQY0/s1600/UP%2B76203%2BRailcar%2B3%2BBay%2BCovered%2BHopper%2BRib%2BSides%2BUnion%2BPacific%2BRailroad%2BMacon%2BGeorgia%2BNS%2BRail%2BYard.JPG
Gerbong Covered hopper (Hopper tertutup) digunakan untuk kargo curah seperti : gandum , gula , dan pupuk yang harus dilindungi dari paparan
cuaca. Sementara gerbong hopper yang
terbuka yang digunakan untuk komoditas seperti batubara , yang lebih tahan paparan dengan efek yang
kurang merugikan.
Gerbong Hopper telah
digunakan oleh kereta api di seluruh dunia bersamaan dengan kebutuhan penanganan
kargo secara otomatis.
di Amerika Utara gerbong hopper terbuka telah mulai jarang
digunakan sejak munculnya gerbong Dumper rotary (yang dapat menjungkirbalikkan gerbong untuk
membongkar muatannya, dan telah menjadi teknologi bongkar yang sangat disukai).
Gerbong gondola model dumper rotary tersebut menyederhanakan
proses bongkar muat dan lebih kompak daripada Hopper konvensional (karena kemiringan ujungnya sudah tidak
diperlukan). Meskipun
demikian, gerbong Hopper tertutup, masih digunakan secara luas.
ORE
"Jenny Ore" (atau ‘Ore’ saja) merupakan
istilah yang cukup popular untuk jenis gerbong hopper terbuka yang lebih pendek
yang digunakan untuk mengangkut taconite (sedimentari
batuan yang mengandung >15% bijih besi) oleh Duluth, Missabe dan Iron Range Railway di Iron Range Minnesota.
GONDOLA
Sebutan 'GONDOLA' hanya ada di terminologi kereta api AS, gondola adalah sebuah jenis gerbong yang terbuka pada bagian atas dan digunakan
untuk membawa bahan padat longgar. Karena dinding samping
rendah, gondola yang digunakan untuk
membawa bahan yang sangat padat, seperti baja
pelat atau gulungan, atau barang berukuran besar seperti potongan prefabrikasi
dari rel kereta api . Di Eropa jenis
gerbong semacam ini dinamakan ‘Open Wagon’, di Indonesia dikenal dengan gerbong
‘Y’ ada ‘YR’ atau ‘YYW’
jika anda tertarik dengan sejarah perkertaapian di Yuwes, anda saya persilahkan menuju ke http://aabandema.blogspot.com/2014/01/sejarah-kereta-api-amerika-yuwes.html
Mula-mula gerbong gondola biasanya memiliki sisi dinding rendah. Karena isinya harus dapat disekop keluar dengan tangan, dan mereka butuh waktu lama untuk bongkar muatan.
Pada tahun 1905, Ralston Baja Car Company mem-patenkan gondola bak datar (bagian dasar datar) dengan tuas peluncuran yang memungkinkan gondola menurunkan muatan secara otomatis dari dasar bak. Tuas peluncuran akan mengarahkan isi dari gondola ke sisi-sisinya. Sistem ini mulai dipakai ketika gerbong ini beralih dari kayu ke baja, sebagai perkuatan karena tarikan lokomotif cenderung menghancurkan gerbong-gerbong dari papan kayu tua.
Gambar di atas diunggah dari : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_zrn-MxqSOB41_EGgddfB6-M05m9lr9BKVI2n4gEXKHUFIduW9-xqvWfxQdgnBozKOI-F0TkAI0enx-G_jv-9iyykGUBn8bVtdONOUAUOu-rBzLrUhnBHLlVJlBDhQZHpQuonjdHfwgE/s1600/CHTT+360325+Gondola+Railcar+Steel+Cable+Chicago+Heights+Terminal+Transfer+RR+Co.+Property+UP+Union+Pacific+Railroad+CSX+Train+Cordele+Georgia+NS+Diamonds.JPG
Di negara kita, pembedaan Gondola dan Hopper tidak seperti di Yuwes, karena beberapa Gondola juga dipakai untuk mengangkut barang curah (grain) seperti kricak (track ballast)
Di negara kita, pembedaan Gondola dan Hopper tidak seperti di Yuwes, karena beberapa Gondola juga dipakai untuk mengangkut barang curah (grain) seperti kricak (track ballast)
gerbong YR (gondola nya Indonesia, penamaan 'YR' sudah ada sejak jaman Belanda) - dokumen pribadi |
gondola 'YYW' di stasiun SLO - untuk mengangkut barang curah (pasir kwarsa) - dokumen pribadi |
lantai gerbong 'YYW' di stasiun SLO - dokumen pribadi |
mari kita melihat aksi lokomotif uap yang legendaris di Indonesia (Lokomotif C53) di http://aabandema.blogspot.com/2014/01/susunan-roda-lokomotif-uap.html
MEMBANGUN LINGKUNGAN IMAJINER UNTUK MINIATUR KERETA API INDONESIA
KONSEP KOTA KIRANGANKIRANGAN merupakan istilah bahasa Jawa yang berarti 'tidak tahu', 'tidak diketahui', 'kurang tahu', yang saya angkat sebagai nama sebuah lingkungan imajiner dalam menyusun miniatur kereta api.
Nama 'Kirangan' dapat menunjuk pada fictional place seperti 'RADIATOR SPRING' dalam film animasi garapan 'Disney-Pixxar' dengan judul 'CARS'.
Fictional place 'Radiator Springs' dalam animasi 'CARS' |
untuk berkunjung ke kota KIRANGAN, anda saya persilahkan melewati http://aabandema.blogspot.com/2014/01/konsep-kota-kirangan.html
dan ini sudut-sudut lain dari kota KIRANGAN
sebuah sudut kampung kota KIRANGAN |
lokomotif CC201 dengan BP livery 'Nusantara' entering KIRANGAN |
kesibukan di KIRANGAN |
untuk anda yang ingin menikmati keindahan kota tua Semarang, dapat anda temukan di http://aabandema.blogspot.com/2014/01/kota-kirangan-dan-kota-semarang_21.html
ingin tahu lebih dalam tentang miniatur Indonesia, silahkan berkunjung ke http://aabandema.blogspot.com/2014/01/miniatur-kereta-api-indonesia-2.html
ingin tahu stasiun kereta api di mancanegara Eropa dan Indonesia dengan arsitekturnya yang indah, saya persilahkan berkunjung ke http://aabandema.blogspot.com/2014/01/miniatur-kereta-api-arsitektur-ruang_18.html
suasana daerah margin kota KIRANGAN |
vista dari 'Warung Gaul' di KIRANGAN |
untuk berkenalan dengan diorama dan Lay Out dalam miniatur kereta api, anda dipersilahkan meng-klik http://aabandema.blogspot.com/2014/01/tentang-diorama.html
stasiun kota KIRANGAN |
permisi om, mau tanya,, sampean punya/jual miniatur kreta n track nya ndak?? atau mungkin tau tempat belinya?
BalasHapusn boleh tau alamat e sampean om??? trimakasih
minta fb nya om skalian
sudah ada di blog ini dynasty linggara, untuk alamat-alamat seller,....kalau FB, searching saja Petruk Asolole - terimakasih banyak sudah berkunjung
Hapus