Total Tayangan Halaman

Selasa, 04 Februari 2014

PENGENALAN LOKOMOTIF UAP LANJUTAN

TENTANG LOKOMOTIF CAB FORWARD

artikel ini adalah lanjutan dari http://aabandema.blogspot.com/2014/01/pengenalan-lokomotif-uap.html
model miniatur Lokomotif CAB FORWARD Southern Pacific


Amerika Serikat memang jago membuat terminologi dalam perkeretaapian, sebagaimana pernah kita kenal, terminologi gerbong ‘gondola’ (sudah saya kupas di http://aabandema.blogspot.com/2014/01/pengenalan-rolling-stock.html) dan terminologi lokomotif ‘car body unit’ (silahkan membaca http://aabandema.blogspot.com/2014/01/mengenal-lokomotif-mancanegara-yuwes.html), kini saya mengupas satu terminologi lagi pada lokomotif yaitu ‘cab forward’.
Pada tahun 1910 maskapai ‘Southern Pacific’ mendatangkan lokomotif-lokomotif mallet 2-8-8-2, 4-6-6-2, dan 4-8-8-2 pada kelas-kelas: MC-2, MC-4 dan MC-6 dengan kabin masinis di depan yang kemudian dikenal dengan ‘Cab Forward’.   
 Padahal jauh sebelumnya, pada tahun 1890 – di Perancis - Jean Jacques Heilmann mempatent kan rancangannya (Prancis № 207.055.) sebuah lokomotif bertenaga listrik,  dengan desain meminimalisasi moment osilasi yang tidak seimbang dan “hammer blow "yang disebabkan oleh cranked action dari lokomotif uap mekanis konvensional.   
Desainnya menggunakan balanced steam engine untuk menggerakkan lokomotif melalui sebuah transmisi listrik (sebuah pembangkit listrik yang menggerakkn elektro-motor melalui pengendalian rheostats dan switch ) dengan kabin masinis di depan !   (artikel tentang mallet, dapat anda baca di http://aabandema.blogspot.com/2014/01/pengenalan-lokomotif-uap.html)

 
lokomotf CAB FORWARD -Jean Jacques Heilmann dengan teknologi steam-electric
 Heilmann ingin menciptakan mesin khusus cocok untuk kereta api berkecepatan tinggi tanpa biaya tinggi dari infrastruktur listrik.  Desain pertamanya terdiri dari trainset dengan mesin uap triple ekspansi (dari 600 hp.) sebuah Generator, tender dan tiga gerbong.   Generator-nya berkapasitas 480 hp @ 80% efisiensi yang diharapkan.  Seluruh bagian kereta api berada di bogie, dengan sistem traksi yang didistribusikan oleh 12 gandar motor listrik dalam tiga gerbong. http://www.aqpl43.dsl.pipex.com/MUSEUM/LOCOLOCO/heilmann/fusee-elec.jpg


 Pada tahun 1890 Jean Jacques Heilmann mempatent kan rancangannya (Prancis № 207.055.) sebuah lokomotif bertenaga listrik,  dengan desain meminimalisasi moment osilasi yang tidak seimbang dan “hammer blow "yang disebabkan oleh cranked action dari lokomotif uap mekanis konvensional.   Desainnya menggunakan balanced steam engine untuk menggerakkan lokomotif melalui sebuah transmisi listrik (sebuah pembangkit listrik yang menggerakkan elektro-motor melalui pengendalian rheostats dan switch )

Lokomotif  yang pertama dibuat sesuai desain Heilmann adalah sebuah prototipe lokomotif uap-listrik, dengan boiler, mesin uap, generator dan motor yang dirancang-bangun menjadi sebuah lokomotif tunggal,  pekerjaan konstruksinya dimulai dari tahun 1892 dan selesai pada bulan Agustus 1893,  lokomotif ini kemudian diberi nama fusee (juga dikenal sebagai La fusee ELECTRIQUE; dalam bahasa Inggris: The Rocket Electric),  referensi ke 1830 lokomotif Stephenson " Rocket . "


 
Heilmann - La fuseé Electrique
 Mesin uap-nya dirancang oleh Swiss Locomotive dan Machine Works (SLM) di Winterthur , Swiss.   Sementara boiler dibuat oleh Forges et Chantiers de la Méditerranée di Le Havre , kemudian peralatan listrik dirancang-bangun oleh Brown, Boveri & Compagnie of Baden, di Swiss ,  Frame lokomotif dan bogie-nya buatan Compagnie de Materiel de Chemins de Fer .

Lokomotif tersebut memiliki 600-800 tenaga kuda metrik (440-590 kW)  (@ 300 hingga 400 rpm ) dua silinder horizontal ber-teknologi mesin uap compound dengan silinder dipasang melintang dari 425 milimeter (16,7 in) dan 650 milimeter (26 di ) diameter 300 mm (11 4/5 in) stroke.   Uap bertekanan dipasok oleh Lentz-jenis boiler , yang beroperasi pada tekanan atmosfer standar 12,6 (185 lbf / in 2).  mesin memiliki fixed cutoff  tanpa mekanisme pembalikan, dan tidak ada pengatur kecepatan kecuali sebuah perangkat pengaman overspeed sentrifugal.
Firebox-nya menggunakan tungku tipe stayless corrugated   seluas 2,25m² (24,2 ft²).  Boiler-nya memiliki total luas permukaan 145m² (1.560 ft²). http://dht.revues.org/docannexe/image/1788/img-14-small580.jpg


Pada tanggal 9 Mei 1894, La fusee Electrique membuat uji coba dari stasiun Saint-Lazare , Paris ke Mantes-la-Jolie, menghela kereta yang terdiri delapan gerbong.   Menempuh jarak sejauh 53 kilometer (33 mil) perjalanan memperoleh catatan waktu 55 menit.   Kecepatan rata-rata 107 kilometer per jam (66 mph) telah dicapai.   Setelah uji coba, lokomotif menghela kereta layanan reguler kembali ke Paris.   Uji coba itu menunjukkan bahwa mesin mengkonsumsi 15% lebih sedikit batubara dari mesin uap konvensional.   Ada yang menyebutkan mengendarai Lokomotif La fusee Electrique dikatakan seperti mengendarai "kereta Pullman" yang tersohor.   Kritik terhadap lokomotif adalah bahwa itu adalah "terlalu rumit, terlalu mahal, terlalu berat".    Argumen ini akan terulang kembali saat pengenalan lokomotif diesel elektrik setelah setengah abad kemudian.   Lokomotif La fusee Electrique pun dipensiunkan setelah menempuh sekitar 2.000 kilometer (1.200 mil) dari saat uji coba.   Dua lokomotif besar yang dipesan untuk percobaan lebih lanjut pada CF de l'Ouest.   La fusee Electrique kemudian dibongkar pada tahun 1897, dan bogie nya digunakan untuk dua lokomotif uap-listrik 0-8-0 yang berdinas pada lintasan kereta api bawah tanah sejauh  4 kilometer ( 2,5 mil) antara Saint-Germain Ouest dan Grande-ceinture .
Sebuah model prototipe lokomotif berskala 1/10 yang dibuat pada tahun 1903 untuk koleksi Conservatoire National des Arts et Métiers , Paris disumbangkan oleh Heilmann.
prototipe desain pertama lokomotif  0-8-0 Jean Jacques Heilmann



Pada tahun 1897, dibuatlah dua lokomotif yang lebih besar dari La Fusée Electrique.   Masing-masing bernomor 8001 dan 8002.   Kedua lokomotif  tersebut memakai tungku standar Belpaire, dengan luas grate 3,34m² (36,0 ft²).    Mesin uap dibuat oleh Willans & Robinson , Rugby , Warwickshire ,  di Inggris.  Boiler memiliki area pemanasan 185.50m² (1,996.7ft²) dan bekerja pada tekanan atmosfer standar 14 (210 lbf / in 2).   Lokomotif  tersebut beratnya 124 ton (122 ton panjang).  Penggerak roda terdapat dalam dua bogie dengan empat-gandar seperti lokomotif La fusee.  Diameter rodanya 1.160 milimeter (3 ft 10 in).   Lokomotif memiliki panjang 28,35 meter (93 ft 0 in),  lebarnya 2,74 meter (9 ft 0 in) dan ltingginya 4,19 meter (13 ft 9 in).   Kapasitas air dalam boiler adalah 20.000 liter (4.400 imp gal). 
lokomotif la Fusée Electrique 8001
 Pengujian dilaksanakan tanggal 12 November 1897, menempuh perjalanan antara Saint-Lazare , Paris dan Mantes-la-Jolie pulang~pergi.   Enam hari sesudahnya, pada tanggal 18 November 1897,  uji coba dilanjutkan dengan mengangkut 50 ton (49-panjang-ton) beban  sejauh 115-kilometer (71 mil) dan kecepatan terus menurun hingga 30 kilometer per jam (19 mph).  Pada pengujian berikutnya, dengan mengangkut 250 ton (250-ton-panjang) beban,  mampu mencapai kecepatan  hingga 100 kilometer per jam (62 mph).

Perusahaan kereta api lainnya, seperti Ohio River, Madison & Southern Railway di Amerika Serikat dan Southern Railway di Rusia, serta satu perusahaan dari Jerman, menunjukkan minat dalam lokomotif tipe uap-listrik tersebut.   Namun demikian toh dua lokomotif tersebut menderita nasib yang sama seperti pendahulu mereka. Mereka adalah nenek moyang diesel-listrik , dan mereka turbin gas dan turbin uap lokomotif yang menggunakan transmisi listrik.



 
la Fusée Electrique (1897)
  
LOKOMOTIF CAB UNIT SOUTHERN PACIFIC
 The Sacramento adalah sebuah divisi dari maskapai Kereta api ‘Southern Pacific’ dengan jalur hampir 150 mil dengan kemiringan 2,5%   pada petak Rosevillei -  Sparks di Sierra Nevada.   Jalur ini merupakan bekas jalur ‘Central Pacific Railroad’ di awal transcontinental (artikel tentang 'Central Pacific Railroad', Sacramento dan First Transcontinental Railroad dapat anda baca di http://aabandema.blogspot.com/2014/01/sejarah-kereta-api-amerika-yuwes.html).  Lintasan tersebut ada juga hampir 30 km  jalur bersalju dan terowongan.  Seiring waktu,  angkutan kereta api tumbuh semakin panjang, sehingga dibutuhkan lokomotif yang lebih kuat.


 
Jalur 'Southern Pacific', dulu milik 'Central Pacific Railroad'


Pada tahun 1908 ‘Southern Pacific’ memesan dua lokomotif mallet 2-8-8-2 konvensional klasifikasi MC-1 (Mallet - Konsolidasi) bernomor 4000 dan 4001.   Pada percobaan jalan menanjak, timbul dua masalah :
  1. Volume besar gas buang membuat sesak napas kru.
  2. Kecepatan semburan asap begitu besar sehingga itu meniup lapisan atas tumpukan salju.


 Masalah kedua dengan mudah ditangani dengan pemasangan "stack splitter" (deflektor terletak di atas cerobong yang diarahkan ke sisi samping),…..namun masalah pertama yang memerlukan penyelesaian lebih rumit.

Pada pengiriman berikutnya setelah pengiriman MC-1, seorang masinis memutuskan untuk tidak memasang deflector namun akibatnya menjadi sesak napas serta terpapar panas dan bising yang luar biasa.  Kemudian ia merubah posisi kabin masinis ke depan kereta api, dan menjalankan lokomotif mundur mendaki bukit menarik kereta di belakang.  Di satu sisi hal tersebut mengurangi masalah untuk asap, namun dirasakan aneh karena mendorong tender depan mesin dan masinis berada di sisi sinyal yang berlawanan. Meskipun menghadapi kendala tersebut, masinis lain mulai mengikuti contoh ini.
Kemudian didatangkan satu tim insinyur desain Southern Pacific dengan rencana dan desain untuk lokomotif mallet dengan kabin masinis di depan, dengan kelas MC-2.   Southern Pacific menggandeng Baldwin langsung membuat 15 unit lokomotif tersebut tanpa pengujian.  Lokomotif tersebut Bernomor 4002-4016, yang mulai didatangkan pada bulan Februari dan Maret 1910.   Mekanik dan masinis menempati sisi berlawanan dari kabin sehingga seolah menjalankan "mundur" bila berada di sisi biasa. 
miniatur CAB FORWARD 'Southern Pacific'
 Cab Forward adalah nama jenis lokomotif yang khas dari Southern Pacific. Mereka kadang-kadang juga disebut "Cab-in-front" atau "Backup Mallies" (meskipun, secara teknis, hanya beberapa kelas pertama adalah benar-benar mallet).  http://3.bp.blogspot.com/_C-rhd3MzbVc/SxMk38mKTgI/AAAAAAAAA30/fzLfOlm1IY0/s1600/Internet%2BExplorer%2BWallpaper.bmp 
Cab Forward 2-8-82

 Menurut buku definitif tentang Cab Forward  (Cab Forward yang luarbiasa dari George Harlan), tidak ada kereta api lain di dunia memiliki lokomotif seperti mereka.  Saat ini di dunia miniatur kereta api hanya didominasi model lokomotif 'cab forward' dari Southern Pacific Amerika Serikat, sehingga seolah-olah CAB FORWARD dipimpin oleh Amerika Serikat.  Padahal di negara-negara lain juga memiliki lokomotif Cab Forward, meskipun banyak di antaranya merupakan 'kegagalan produksi' seperti lokomotif  La Fusée Electrique di atas yang justru merupakan nenek moyang lokomotif diesel elektrik yang sekarang kita kenal- beberapa contoh lokomotif CAB FORWARD dari negara lain di beberapa periode waktu adalah :

 
Lokomotif DRG (Deutsche Reichsbahn Gesellschaft) 05-003 Jerman (1935)
 
Lokomotif 'Thuile' 6-4-6  rancangan Monsieur Thiule dari Mesir untuk Chemins de fer de l'État (1900)
 
model-lokomotif 'Ferrovia de lo Stato' - Mucca Italia (1905)

Mucca 4 GR672 - Ferrovia de lo Stato - Italia

Mucca 5017 - Ferrovia de lo Stato - Italia


 
Lokomotif diesel - uap dari Rusia SZD V5-1 (1937)

 
Lokomotif SNCF 230e93-1 (1938)

Selanjutnya mengingat banyaknya pertanyaan seputar penjualan miniatur kereta api, sekedar informasi :

Dewasa ini hobby Kereta api miniatur di tanah air menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan.  Pada masa kini, perkembangan miniatur kereta api di Indonesia (selanjutnya disebut ‘kamod’), merupakan hobby dengan diversitas yang cukup tinggi, serta memiliki nilai bisnis yang cukup bagus apabila dikelola dengan baik.
Kamod di Indonesia merupakan hobby yang bersifat khusus, karena para penjual yang melayani hobby ini (selanjutnya disebut ‘seller’) hanya dijumpai di kota-kota besar dan di tempat khusus.
Karena seller yang bersifat khusus seperti tersebut di atas, maka para pelaku hobby Kereta model di Indonesia (untuk selanjutnya disebut ‘kamoder’), pada umumnya berinteraksi dengan seller di dunia maya (online),
Hobby kereta model merupakan hobby dengan spesifikasi, artinya seorang pehobby harus menetapkan pilihan, seperti halnya seorang di depan loket stasiun yang harus menetapkan arah tujuan perjalanannya,...tidak ada perjalanan yang 'sembarang', tidak ada perjalanan yang 'terserah' atau tidak ada perjalanan yang 'suka-suka', harus ditentukan, maka tumbuhnya beberapa kelompok kamoder di Indonesia merupakan keniscayaan dan oleh karenanya hal itu menjadi kewajaran.
Kamod merupakan hobby keluarga yang selain memberikan hiburan, juga memberi edukasi.  Kamod merupakan hobby yang relatif aman (bandingkan dengan hobby yang lain seperti : modifikasi automotif, motor touring, air soft gun, arung jeram, panjat tebing, mount biking, futsal, bulutangkis, drag race, freestyling)

Sebelum anda memulai hobby ini, ada baiknya anda membaca sejenak mengenai dasar-dasar miniatur kereta api, bagaimanapun juga hobby ini, bukan seperti hobby bulutangkis yang tinggal pukul dan lari, anda bisa membaca tentang skala http://aabandema.blogspot.com/2014/01/skala-gauge.html, dan di http://aabandema.blogspot.com/2014/01/skala-pada-miniatur-kereta-api-di.html - kemudian tentang 'rolling stock' pada miniatur kereta api dapat anda simak di http://aabandema.blogspot.com/2014/01/pengenalan-rolling-stock.html - kemudian mengenai macam-macam 'curve' dapat anda baca di http://aabandema.blogspot.com/2014/01/curve-pada-skala-ho.html serta masih banyak lagi artikel mengenai sejarah yang sangat berhubungan dengan hobby yang akan anda tekuni,  informasi tentang penjual (seller kamod - sebagaimana pada catatan di atas) anda dapat menghubungi para seller melalui akun Facebook mereka, atau mengunjungi website (alamat - situs) untuk mengetahui secara detail di mana lokasi para seller tersebut.  Kebanyakan seller kamod berada di wilayah Jabodetabek, meskipun ada pula yang di kota Bandung dan di Surabaya, mereka adalah :



https://www.facebook.com/robert.hartanto.7?fref=ts   (akun Facebook - lokasi : Bandung)



http://www.bios-shop.net/   (alamat situs)
(halaman Facebook)

https://www.facebook.com/ary.diecast?fref=ts
(akun Facebook)

https://www.facebook.com/tokoasli.originale?fref=ts      (akun Facebook Gianclaudio di Bari_Italia)


http://www.jualkeretamodel.com/  (alamat situs - lokasi : Surabaya)

http://www.tokokereta.com/   (alamat situs - lokasi : Matraman - Jakarta)

dan masih banyak lagi yang lainnya yang tidak dapat disebutkan satu per satu di halaman ini, mengenai harga miniatur kereta api bervariasi, untuk model lokomotif yang motorized (ber-mesin, digerakkan oleh pengendali, dengan tenaga arus listrik bukan batterai) berada pada kisaran 700ribu hingga 50juta rupiah, tergantung pada sistem dan kelengkapannya
Untuk gerbong, berada pada kisaran harga 100rb hingga 4juta rupiah, tergantung pada sistem dan kelengkapannya (umumnya gerbong barang lebih murah dari gerbong kereta penumpang/ passenger car)
Untuk dummy miniatur kereta api Indonesia anda dapat menghubungi juga produsen dummy miniatur kereta api lokal (Indonesia) di akun Facebook https://www.facebook.com/joseph.widjaya?fref=ts   DUMMY merupakan model yang tidak bergerak otomatis (non-motorized)

- terimakasih telah mengunjungi halaman ini -







Tidak ada komentar:

Posting Komentar