TENTANG LOKOMOTIF CAB FORWARD
artikel ini adalah lanjutan dari http://aabandema.blogspot.com/2014/01/pengenalan-lokomotif-uap.html![]() |
model miniatur Lokomotif CAB FORWARD Southern Pacific |
Amerika Serikat memang jago membuat terminologi dalam perkeretaapian, sebagaimana pernah kita kenal,
terminologi gerbong ‘gondola’ (sudah saya kupas di http://aabandema.blogspot.com/2014/01/pengenalan-rolling-stock.html) dan terminologi lokomotif ‘car body unit’ (silahkan membaca http://aabandema.blogspot.com/2014/01/mengenal-lokomotif-mancanegara-yuwes.html), kini
saya mengupas satu terminologi lagi pada lokomotif yaitu ‘cab forward’.
Pada tahun 1910 maskapai ‘Southern Pacific’
mendatangkan lokomotif-lokomotif mallet 2-8-8-2, 4-6-6-2, dan 4-8-8-2 pada
kelas-kelas: MC-2, MC-4 dan MC-6 dengan kabin masinis di depan yang kemudian
dikenal dengan ‘Cab Forward’.
Padahal
jauh sebelumnya, pada tahun 1890 – di Perancis - Jean Jacques Heilmann
mempatent kan rancangannya (Prancis № 207.055.) sebuah lokomotif bertenaga
listrik, dengan desain meminimalisasi moment
osilasi yang tidak seimbang dan “hammer
blow "yang disebabkan oleh cranked
action dari lokomotif uap mekanis konvensional.
Desainnya menggunakan balanced steam engine untuk menggerakkan
lokomotif melalui sebuah transmisi listrik (sebuah pembangkit listrik yang menggerakkn elektro-motor
melalui pengendalian rheostats dan switch ) dengan kabin masinis di depan ! (artikel tentang mallet, dapat anda baca di http://aabandema.blogspot.com/2014/01/pengenalan-lokomotif-uap.html)
Heilmann ingin menciptakan mesin
khusus cocok untuk kereta api berkecepatan tinggi tanpa biaya tinggi dari
infrastruktur listrik. Desain pertamanya
terdiri dari trainset dengan mesin uap triple ekspansi (dari 600 hp.) sebuah
Generator, tender dan tiga gerbong. Generator-nya berkapasitas 480 hp @ 80%
efisiensi yang diharapkan. Seluruh bagian
kereta api berada di bogie, dengan sistem traksi yang didistribusikan oleh 12
gandar motor listrik dalam tiga gerbong. http://www.aqpl43.dsl.pipex.com/MUSEUM/LOCOLOCO/heilmann/fusee-elec.jpg
Pada
tahun 1890 Jean Jacques Heilmann
mempatent kan rancangannya (Prancis № 207.055.) sebuah lokomotif bertenaga
listrik, dengan desain meminimalisasi moment
osilasi yang tidak seimbang dan “hammer
blow "yang disebabkan oleh cranked
action dari lokomotif uap mekanis konvensional. Desainnya menggunakan balanced steam engine untuk menggerakkan lokomotif melalui sebuah transmisi
listrik (sebuah pembangkit listrik yang menggerakkan elektro-motor
melalui pengendalian rheostats dan switch )
Lokomotif yang pertama dibuat sesuai desain Heilmann
adalah sebuah prototipe lokomotif uap-listrik, dengan boiler, mesin uap,
generator dan motor yang dirancang-bangun menjadi sebuah lokomotif tunggal, pekerjaan konstruksinya dimulai dari tahun
1892 dan selesai pada bulan Agustus 1893, lokomotif ini kemudian diberi nama fusee
(juga dikenal sebagai La fusee ELECTRIQUE; dalam bahasa Inggris: The
Rocket Electric), referensi ke 1830
lokomotif Stephenson " Rocket . "
Mesin uap-nya dirancang oleh Swiss Locomotive dan Machine Works
(SLM) di Winterthur , Swiss.
Sementara boiler dibuat oleh Forges et Chantiers de la
Méditerranée di Le Havre , kemudian peralatan listrik dirancang-bangun oleh
Brown, Boveri & Compagnie of Baden, di Swiss , Frame lokomotif dan bogie-nya buatan Compagnie de Materiel de
Chemins de Fer .
Lokomotif tersebut memiliki 600-800 tenaga kuda metrik (440-590 kW) (@ 300 hingga 400 rpm ) dua silinder horizontal ber-teknologi mesin uap compound dengan silinder dipasang
melintang dari 425 milimeter (16,7 in) dan 650 milimeter (26 di ) diameter 300
mm (11 4/5 in) stroke. Uap
bertekanan dipasok oleh Lentz-jenis boiler , yang beroperasi pada tekanan
atmosfer standar 12,6 (185 lbf / in 2). mesin memiliki fixed cutoff tanpa
mekanisme pembalikan, dan tidak ada pengatur kecepatan
kecuali sebuah perangkat pengaman overspeed sentrifugal.
Firebox-nya menggunakan tungku tipe stayless corrugated seluas 2,25m²
(24,2 ft²). Boiler-nya memiliki total luas permukaan 145m² (1.560 ft²). http://dht.revues.org/docannexe/image/1788/img-14-small580.jpgSebuah model prototipe lokomotif berskala 1/10 yang dibuat pada tahun 1903 untuk koleksi Conservatoire National des Arts et Métiers , Paris disumbangkan oleh Heilmann.
![]() |
prototipe desain pertama lokomotif 0-8-0 Jean Jacques Heilmann |
Pada tahun 1897,
dibuatlah dua lokomotif yang lebih besar dari La Fusée
Electrique. Masing-masing bernomor
8001 dan 8002. Kedua lokomotif tersebut memakai
tungku standar Belpaire, dengan luas grate 3,34m² (36,0 ft²). Mesin
uap dibuat oleh Willans & Robinson
, Rugby , Warwickshire , di
Inggris. Boiler memiliki area pemanasan
185.50m² (1,996.7ft²) dan bekerja pada tekanan atmosfer standar 14 (210 lbf / in 2).
Lokomotif tersebut beratnya 124 ton (122 ton panjang).
Penggerak roda terdapat
dalam dua bogie dengan empat-gandar seperti lokomotif La fusee. Diameter rodanya 1.160
milimeter (3 ft 10 in). Lokomotif memiliki
panjang 28,35 meter (93 ft 0 in), lebarnya 2,74 meter (9 ft 0 in) dan ltingginya
4,19 meter (13 ft 9 in). Kapasitas air dalam
boiler adalah 20.000 liter (4.400 imp gal).
![]() |
lokomotif la Fusée Electrique 8001 |
LOKOMOTIF CAB UNIT SOUTHERN PACIFIC
The Sacramento adalah sebuah divisi
dari maskapai Kereta api ‘Southern Pacific’ dengan jalur hampir 150 mil dengan
kemiringan 2,5% pada petak Rosevillei
- Sparks di Sierra Nevada. Jalur
ini merupakan bekas jalur ‘Central Pacific Railroad’ di awal transcontinental (artikel tentang 'Central Pacific Railroad', Sacramento dan First Transcontinental Railroad dapat anda baca di http://aabandema.blogspot.com/2014/01/sejarah-kereta-api-amerika-yuwes.html). Lintasan tersebut ada juga hampir 30 km jalur bersalju dan terowongan. Seiring waktu, angkutan kereta api tumbuh semakin panjang, sehingga
dibutuhkan lokomotif yang lebih kuat.
Pada tahun 1908 ‘Southern
Pacific’ memesan dua lokomotif mallet 2-8-8-2 konvensional klasifikasi MC-1
(Mallet - Konsolidasi) bernomor 4000 dan 4001. Pada percobaan jalan menanjak, timbul dua
masalah :
- Volume besar gas buang membuat sesak napas kru.
- Kecepatan semburan asap begitu besar sehingga itu meniup lapisan atas tumpukan salju.
Masalah kedua dengan mudah ditangani
dengan pemasangan "stack splitter" (deflektor terletak di atas cerobong
yang diarahkan ke sisi samping),…..namun masalah pertama yang memerlukan penyelesaian
lebih rumit.
Pada pengiriman berikutnya setelah
pengiriman MC-1, seorang masinis memutuskan untuk tidak memasang deflector namun
akibatnya menjadi sesak napas serta terpapar panas dan bising yang luar biasa. Kemudian ia merubah posisi kabin masinis ke
depan kereta api, dan menjalankan lokomotif mundur mendaki bukit menarik kereta
di belakang. Di satu sisi hal tersebut
mengurangi masalah untuk asap, namun dirasakan aneh karena mendorong tender
depan mesin dan masinis berada di sisi sinyal yang berlawanan. Meskipun menghadapi
kendala tersebut, masinis lain mulai mengikuti contoh ini.
Kemudian didatangkan satu tim insinyur
desain Southern Pacific dengan rencana dan desain untuk lokomotif mallet dengan
kabin masinis di depan, dengan kelas MC-2. Southern Pacific menggandeng Baldwin langsung
membuat 15 unit lokomotif tersebut tanpa pengujian. Lokomotif tersebut Bernomor 4002-4016, yang
mulai didatangkan pada bulan Februari dan Maret 1910. Mekanik
dan masinis menempati sisi berlawanan dari kabin sehingga seolah menjalankan
"mundur" bila berada di sisi biasa.
![]() |
miniatur CAB FORWARD 'Southern Pacific' |
Cab Forward adalah nama jenis
lokomotif yang khas dari Southern Pacific. Mereka kadang-kadang juga disebut
"Cab-in-front" atau "Backup Mallies" (meskipun, secara
teknis, hanya beberapa kelas pertama adalah benar-benar mallet). https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivjH-Ed3qhdIondDjCFTJBD_uzBLeJeteNedGwuu823HGl17LdodWRlvnwp45jIgnz_FwykKQUcliTUKsbwuYZX68QxK8dtAoKdkEqlIME8Xie7DsPnVUXuD90zX64R1dufgOBT5pE3H0/s1600/Internet+Explorer+Wallpaper.bmp
![]() |
Cab Forward 2-8-82 |
Menurut buku
definitif tentang Cab Forward (Cab
Forward yang luarbiasa dari
George Harlan), tidak ada kereta api lain di dunia memiliki lokomotif seperti
mereka. Saat ini di dunia miniatur kereta api hanya didominasi model lokomotif 'cab forward' dari Southern Pacific Amerika Serikat, sehingga seolah-olah CAB FORWARD dipimpin oleh Amerika Serikat. Padahal di negara-negara lain juga memiliki lokomotif Cab Forward, meskipun banyak di antaranya merupakan 'kegagalan produksi' seperti lokomotif La Fusée
Electrique di atas yang justru merupakan nenek moyang lokomotif diesel elektrik yang sekarang kita kenal- beberapa contoh lokomotif CAB FORWARD dari negara lain di beberapa periode waktu adalah :
![]() |
Mucca 4 GR672 - Ferrovia de lo Stato - Italia |
![]() |
Mucca 5017 - Ferrovia de lo Stato - Italia |
Selanjutnya mengingat banyaknya pertanyaan seputar penjualan miniatur kereta api, sekedar informasi :
Dewasa ini hobby Kereta api
miniatur di tanah air menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Pada masa kini, perkembangan miniatur kereta api di
Indonesia (selanjutnya disebut ‘kamod’), merupakan hobby dengan diversitas yang
cukup tinggi, serta memiliki nilai bisnis yang cukup bagus apabila dikelola
dengan baik.
Kamod di Indonesia merupakan
hobby yang bersifat khusus, karena para penjual yang melayani hobby ini
(selanjutnya disebut ‘seller’) hanya dijumpai di kota-kota besar dan di tempat
khusus.
Karena seller yang bersifat
khusus seperti tersebut di atas, maka para pelaku hobby Kereta model di
Indonesia (untuk selanjutnya disebut ‘kamoder’), pada umumnya berinteraksi
dengan seller di dunia maya (online),
Hobby kereta model merupakan
hobby dengan spesifikasi, artinya seorang pehobby harus menetapkan pilihan,
seperti halnya seorang di depan loket stasiun yang harus menetapkan arah tujuan
perjalanannya,...tidak ada perjalanan yang 'sembarang', tidak ada perjalanan
yang 'terserah' atau tidak ada perjalanan yang 'suka-suka', harus ditentukan,
maka tumbuhnya beberapa kelompok kamoder di Indonesia merupakan keniscayaan dan
oleh karenanya hal itu menjadi kewajaran.
Kamod merupakan hobby keluarga
yang selain memberikan hiburan, juga memberi edukasi. Kamod merupakan hobby yang relatif aman
(bandingkan dengan hobby yang lain seperti : modifikasi automotif, motor
touring, air soft gun, arung jeram, panjat tebing, mount biking, futsal,
bulutangkis, drag race, freestyling)
Sebelum anda memulai hobby ini, ada baiknya anda membaca sejenak mengenai dasar-dasar miniatur kereta api, bagaimanapun juga hobby ini, bukan seperti hobby bulutangkis yang tinggal pukul dan lari, anda bisa membaca tentang skala http://aabandema.blogspot.com/2014/01/skala-gauge.html, dan di http://aabandema.blogspot.com/2014/01/skala-pada-miniatur-kereta-api-di.html - kemudian tentang 'rolling stock' pada miniatur kereta api dapat anda simak di http://aabandema.blogspot.com/2014/01/pengenalan-rolling-stock.html - kemudian mengenai macam-macam 'curve' dapat anda baca di http://aabandema.blogspot.com/2014/01/curve-pada-skala-ho.html serta masih banyak lagi artikel mengenai sejarah yang sangat berhubungan dengan hobby yang akan anda tekuni, informasi tentang penjual (seller kamod - sebagaimana pada catatan di atas) anda dapat menghubungi para seller melalui akun Facebook mereka, atau mengunjungi website (alamat - situs) untuk mengetahui secara detail di mana lokasi para seller tersebut. Kebanyakan seller kamod berada di wilayah Jabodetabek, meskipun ada pula yang di kota Bandung dan di Surabaya, mereka adalah :
https://www.facebook.com/joedy.trainshobbycom?fref=ts (akun Facebook)
dengan alamat situs http://pinguinstrainshobby.com/
https://www.facebook.com/robert.hartanto.7?fref=ts (akun Facebook - lokasi : Bandung)
http://www.yellowpages.co.id/directory/anthonys-hobby-shop (alamat Yellowpages)
http://www.bios-shop.net/ (alamat situs)
(halaman Facebook)
https://www.facebook.com/ary.diecast?fref=ts
(akun Facebook)
https://www.facebook.com/tokoasli.originale?fref=ts (akun Facebook Gianclaudio di Bari_Italia)
http://www.tokokeretaapi.com/ (alamat situs)
http://dhionprasetya.wordpress.com/ (alamat blog)
http://www.jualkeretamodel.com/ (alamat situs - lokasi : Surabaya)
http://www.tokokereta.com/ (alamat situs - lokasi : Matraman - Jakarta)
dan masih banyak lagi yang lainnya yang tidak dapat disebutkan satu per satu di halaman ini, mengenai harga miniatur kereta api bervariasi, untuk model lokomotif yang motorized (ber-mesin, digerakkan oleh pengendali, dengan tenaga arus listrik bukan batterai) berada pada kisaran 700ribu hingga 50juta rupiah, tergantung pada sistem dan kelengkapannya
Untuk gerbong, berada pada kisaran harga 100rb hingga 4juta rupiah, tergantung pada sistem dan kelengkapannya (umumnya gerbong barang lebih murah dari gerbong kereta penumpang/ passenger car)
Untuk dummy miniatur kereta api Indonesia anda dapat menghubungi juga produsen dummy miniatur kereta api lokal (Indonesia) di akun Facebook https://www.facebook.com/joseph.widjaya?fref=ts DUMMY merupakan model yang tidak bergerak otomatis (non-motorized)
- terimakasih telah mengunjungi halaman ini -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar