Total Tayangan Halaman

Rabu, 15 Januari 2014

Miniatur Kereta Api Indonesia

Tidak mudah membuat rangkaian miniatur Kereta api Indonesia.
Kondisi pasar perdagangan barang hoby miniatur kereta api di Indonesia, membuat modeler kereta api Indonesia harus berjuang demi menghadirkan karya miniatur kereta api yang Indonesiawi.  Benda-benda perlengkapan miniatur kereta api yang beredar di pasar hoby, mengacu pada standard Internasional, dengan gauge 16,5mm.; pada skala HO 1/87 mewakili 4ft8½inch atau 56½inch dalam unit metric =1435mm.- Sementara pada kenyataannya kereta api yang umum berjalan di Indonesia menggunakan gauge 1067mm. (3ft6inch); pada skala HO 1/87 gauge ini lebih dekat ke HOn3½ dengan gauge 12mm.; atau mewakili 1043,636mm. pada skala 1:1 (**dengan selisih 2,3363cm. lebih sempit dibandingkan rel yang dipakai secara umum di Indonesia).
Hal ini diperparah dengan kondisi model lokomotif yang ‘Frateschi oriented’ – karena di dunia hanya merk Frateschi yang membuat miniatur lokomotif paling mendekati lokomotif yang umum dipakai di Indonesia (buatan General Electric U20C) – belakangan ada miniatur lokomotif dari Australia ber-merk Auscision seri N468V Line, yang mewakili lokomotif CC206 di Indonesia, akan tetapi lokomotif tersebut masih tergolong baru.
model lokomotif Auscision N468 V Line
model lokomotif Frateschi U20C

4 komentar:

  1. Waaah, maknyooootttt postingannya..... Jojom Gan... :thumbs

    BalasHapus
  2. Dimana saya bisa mendapat mesin miniatur kereta api.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Risya Agustinie bisa menghubungi alamat-alamat seller yang sudah saya kumpulin di sini, agak di bagian bawah artikelnya >> http://aabandema.blogspot.com/2014/02/pengenalan-lokomotif-uap-lanjutan.html

      Hapus